SEJARAH CORELDRAW

CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X6 atau versi 16 (saat artikel ini dibuat) yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2012. CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows. CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.

PENDIRI CORELDRAW :

Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan grafis. CorelDRAW tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, CorelDRAW adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. CorelDRAW sangat laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus, mungkin corel sudah sangat familiar bagi para desainer saat ini. Namun, apakah mereka atau bahkan Anda tahu siapa penemu dari aplikasi tersebut?

Dialah Michael Cowpland yang lahir pada tanggal 23 tahun 1943. Menerima gelar teknik B.Sc dari Imperial College di London. Kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada dan menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968. Ia mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada, businessman, dan pendiri dari Corel .Dialah cikal bakal yang melakukan Research Laboratory. Perusahaan ini melesat sangat cepat begitu produk CorelDraw muncul di pasaran, dan menjadi perusahaan software terbesar di Kanada. Jadi, secara terminologi (bahasa) CoReL merupakan akronim dari Cowpland Research Laboratory.

Beberapa tools yang ditawarkan oleh corel draw yang berbasis vector adalah : Note-edit tool,stroke before fill,mesh fill dan sebagainya. Corel draw juga memiliki perbedaan mencolok dibandingkan dengan saingannya, yang pertama adalah bahwa corel draw adalah satu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vector. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangan warna bahkan mengubah dari mode RGB(RED, GREEN ,BLUE) menjadi CMYK ( CYAN ,MAGENTA,YELLOW).

Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan COREL PHOTO PAINT. Pesaing utama corel draw adalah adobe illustrasion dan xara extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar barbasis vector, namun pengalaman penggunaanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.

Berikut adalah versi dari CorelDraw :

  1. Corel draw versi 1.01 dirrilis pada tanggal 1 januari 1989.
    2. Corel draw versi 1.02 dirilis pada tanggal 2 april 1989.
    3. Corel draw versi 1.10 dirilis pada tanggal 2 juli 1989.
    4. Corel draw versi 1.11 dirilis pada tanggal 2 februari 1990.
    5. Corel draw versi 2 dirilis pada tanggal 1 september 1991.
    6. Corel draw versi 3 dirilis pada tanggal 15 mei 1992.
    7. Corel draw versi 4 dirilis pada tanggal 20 mei 1993.
    8. Corel draw versi 5 dirilis pada tanggal 27 juli 1994.
    9. Corel draw versi 6 dirilis pada tanggal 24 agustus 1995.
    10. Corel draw versi 7 dirilis pada tanggal 8 oktober 1997.
    11. Corel draw versi 8 dirilis pada tanggal 27 oktober 1998.
    12. Corel draw versi 9 dirilis pada tanggal 31 agustus 1999.
    13. Corel draw versi 10 dirilis pada tanggal 13 november 2000.
    14. Corel draw graphics suite versi 11 dirilis pada tanggal 1 agustus 2002.
    15. Corel draw graphics suite versi 12 dirilis pada tanggal 10 februari 2004.
    16. Corel draw graphics suite versi x3 dirilis pada tanggal 17 januari 2006.
    17. Corel draw graphics suite versi x4 dirilis pada tanggal 15 februari 2008.
    18. Corel draw graphics suite versi x5 dirilis pada tanggal 23 februari 2008.
    19. Corel draw graphics suite versi x6 dirilis pada tanggal 20 maret 2012.
    20. Corel draw graphics suite versi x7 dirilis pada tahun 2014

COREL DRAW VERSI 1.01 

CorelDRAW versi 1 berjalan dibawah windows 3.0 dan 3.1. corelDRAW ditransformasikan kedalam ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. Instalasi software ini hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch. Fiturnya sederhana namun cukup handal untuk ilustrrasi/gambar pada saat itu. Software ini sudah memadai untuk membuat kartu undangan,kartu nama, logo, dan kop surat. Fitur andalannya pada saat itu adalah Bezier tool dan shape tool. Di versi ini sering mengalami perombakan ulang sampai menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 januari 1989 sampai 2 februari 1990.

COREL DRAW VERSI 2.0 

Di versi corel banyak menambah fitur baru antara lain Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y).

COREL DRAW VERSI 3.0 

Di versi ini corel melakukaan perbaikan dari efisiensi memory sehingga kinerja corelDRAW lebih cepat. Kini desaign dapat dilihat/dipreview secara real-time tanpa harus tampilan wireframe lagi. Corel photopaint juga diluncurkan pada versi ini.

COREL DRAW VERSI 4.0 

Di versi ini corel sudah bisa multi-page. Kemampuannya ditingkatkan sebagai software desktop publishing seperti Page Maker. Hanya saja di versi ini harus dibayar dengan penggunaan resource computer yang lebih tinggi. Lagi pula banyak ditemukan bug/error di versi ini.

COREL DRAW VERSI 5.0 

Versi ini cukup populer dan cukup lama digunakan oleh para desaigner karena dilengkapi ddengan colour management kalibrasi layar, printer, scanner, effext powerclip, artistic media, lens dan bitmap effect. Versi ini adalah yang paling berhasil di windows 3.1. tapi versi ini hanya bisa menyimpan file dengan jumlah nama maksimal 8 karakter.

COREL DRAW VERSI 6.0 

Karena adanya Windows 95, CorelDRAW versi 32-bit ini pun disesuaikan agar bisa berjalan baik disistem operasi baru tersebut. Diversi ini tidak banyak fitur baru yang ditambahkan. Di versi ini juga sering bug/error sehingga pengguna beralih kembali ke versi 5.

COREL DRAW VERSI 7.0

Versi ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Banyak fitur baru yang ditambahkan, antara lain : Keunggulan dari setiap versi : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini. Versi ini lebih cepat dari yang sebelumnya dan tidak perlu upgrade hardware untuk menggunakan aplikasi ini.

COREL DRAW VERSI 8.0 

Versi ini hadir dengan fitur Drop Dhadow, Distortion tools, dll. Tapi diperlukan spek hardware yang besar khususnya memory untuk bisa menggunakannya dengan lancar dan stabil.

COREL DRAW VERSI 9.0 

Versi ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.

COREL DRAW VERSI 10.0 

Versi ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.

COREL DRAW VERSI 11.0 

Fitur barunya adalah : Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).

COREL DRAW VERSI 12.0 

Versi ini lebih stabil dari versi yang sebelumnya dan ditambah fitur yang biasa ada di AutoCAD seperti dynamic Guideline dan Snap to Object sehingga menggambar akan lebih presisi dan sempurna. Namun proses print diversi ini sangat lambat.

COREL DRAW VERSI X3 

Fitur baru dari versi ini adalah : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.

COREL DRAW VERSI X4 

Fitur barunya antara lain : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW. versi ini dibuat untuk mengatasi kompatibilitas dengan Windows Vista.

COREL DRAW VERSI X5

Versi ini kompatible dengan processor multicore dan SO Windows 7. Fitur tambahannya adalah : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
COREL DRAW VERSI X6 

Nah yang terakhir ini, dirilis pada tanggal 20 maret 2012. Versi ini telah tersedia 2 versi, yaitu 32-bit dan 64-nit. Untuk versi 64-bit tentunya akan lebih menyenangkan apabila dikomputer kita terpasang memory lebih 4 gb dengab gpu yang mumpuni untuk urusan desain grafis.

COREL DRAW VERSI X7 

Hadir dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg dapat disesuaikan secara penuh. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan. kemudahan utk memilih font dengan tampilan yg lebih nyaman. terdapat special effect pada photo editing, layout dan drwing tool yg lebih presisi, dukungan terhadap resolusi tinggi dan multi display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *