Tidak sedikit orang mengira bahwa membuat website saja sudah cukup untuk mengembangkan dan membangun bisnis online. Namun kenyataannya tidak demikian. Setelah membuat website, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seseorang agar bisnis onlinenya sukses meraup keuntungan setiap bulan.
Keuntungan dari bisnis online hanya dapat diraih apabila website yang dimilikinya banyak pengunjungnya. Nah, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pebisnis online atau pemilik website adalah bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung tersebut, salah satunya yakni menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Mengapa SEO? Meningkatkan jumlah pengunjung web yang paling efektif adalah melalui SEO. Dengan teknik SEO website yang dimiliki akan menjadi top page di Google atau di search engine lainnya. Website akan mudah ditemukan dan dikunjungi oleh banyak orang.

Alasan Kenapa Kita Harus Melakukan SEO
Untuk lebih detailnya, Inditek.Id akan memaparkan alasan kenapa kita harus melakukan SEO :

1. Mendatangkan Trafik Dan Meningkatkan Penjualan
Website profesional yang menarik baik untuk keperluan personal maupun bisnis harus disertai dengan SEO yang baik pula agar website tampil sempurna di mesin pencari / menempati posisi teratas dan dapat memikat calon pengguna potensial. Inditek.Id menjelaskan bahwa penjualan melalui website dapat dicapai apabila website tersebut memiliki jumlah pengunjung yang banyak terlebih lagi apabila situs yang dikunjungi mempunyai relevansi dengan kebutuhan si pengguna internet, sehingga SEO dapat mendatangkan trafik tinggi dan peluang konversi menjadi sales menjadi lebih tinggi.

2. Menghemat Waktu
Apabila kita melakukan teknik SEO yang baik dan benar untuk website kita maka otomatis traffic web akan meningkat seiring banyaknya pencarian atas keywords yang kita sasar dan mampu muncul pada halaman teratas search engine atau mesin pencarian lainnya. Tentunya hal tersebut lebih menghemat waktu dan biaya dibandingkan dengan media promosi konvensional, dimana dengan SEO sistem yang bekerja 24/7 untuk kita.

3. Pengunjung Cenderung Tertarik Mengunjungi Situs Yang Menempati 10 Besar Google
Maraknya bisnis online telah mengubah perilaku orang dalam berbelanja. Calon pembeli tidak perlu repot-tepot datang ke toko untuk membeli produk yang mereka butuhkan. Mereka cukup membuka laptop atau smarphone untuk mencari barang atau jasa yang ingin mereka cari. Mereka akan menggunakan search engine dan faktanya hanya tertarik untuk mengunjungi website yang menempati posisi 10 besar di Google atau mesin pencarian lainnya. Jika website bisnis yang dimiliki tidak ditemukan di halaman pertama Google, maka boleh dikatakan bisnis tersebut akan tersingkir dari persaingan.

4. Memiliki Reputasi
Website yang memiliki banyak pengunjung dari hasil pencarian di search engine, tentu alamat website tersebut akan diingat oleh pengunjung karena hampir setiap pencarian yang dilakukan mereka, website itu muncul sehingga orang menganggap website tersebut berkualitas dan terjadilah branding dan reputasi.

5. Traffic Web Lebih Stabil
Web yang memiliki peringkat di search engine akan merasakan hal ini, dimana web yang didatangkan melalui search engine akan memiliki traffic yang stabil dibandingkan dengan promosi melalui sosial media. Karena kata kunci tersebut tidak mengandung query atau pencarian musiman di search engine.

6. Pesaing Lain Juga Menggunakan SEO
Siapa yang tidak menyangka bahwa situs-situs besar lainnya sebenarnya menggunakan SEO. Seperti situs-situs jual beli online di Indonesia ini misalnya, mereka memiliki tim SEO yang komplit sehingga websitenya bisa menjadi terkenal hingga saat sekarang ini. Jika Anda lengah dan membiarkan website tanpa optimasi yang konsisten, maka website tersebut akan dikalahkan oleh website pesaing lainnya, karena mereka juga menggunakan SEO untuk meningkatkan peringkat website dan penjualan produk mereka.

7. SEO Akan Terus Berlangsung
Dari sekian banyak produk internet, tren SEO tergolong yang paling bertahan. Terbukti sejak pertama kali muncul pada tahun 1990-an, sampai sekarang ini, SEO masih menjadi senjata paling ampuh untuk mendatangkan trafik yang kemudian dapat dikonversi menjadi penjualan online. Meskipun Google sering memperbarui algoritmanya, namun tren SEO tetap dan masih akan berlangsung. Kalau Anda punya keyakinan bahwa website tersebut tidak perlu dioptimasi, silahkan buat website dan konten alakadarnya. Lalu lihat bagaimana hasilnya, apakah muncul di halaman pencarian atau ada peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan?

Demikianlah alasan mengapa kita harus menggunakan SEO. Lalu apa itu SEO dan apa saja keuntungannya. Google sudah menjadi bagian hidup masyarakat dunia, membangun bisnis dari Google pun sudah sangat banyak dilakukan masyarakat Indonesia, tak dipungkiri dengan bantuan Google, masyarakat mendapatkan income yang membantu perekonomiannya, dan salah satu layanan Google tersebut adalah melalui search engine. Manfaat SEO tidak hanya untuk satu jenis situs saja. Yang paling banyak digunakan manfaatnya adalah untuk website pemasaran online. Ujung dari sebuah bisnis adalah profit, profit bisa diraih jika omzet kita bagus. Ujung dari omzet bagus adalah target penjualan yang tercapai. Jika target penjualan tercapai, maka bisnis tersebut bisa dikatakan sukses.

Nah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan terget penjualan tersebut adalah dengan menggunakan promosi melalui website yang teroptimasi dengan baik menggunakan teknik SEO yang tepat. Lalu bagaimana mengoptimasikan website tersebut? Caranya adalah dengan mengoptimasikannya sendiri bagi yang memahaminya atau dengan menggunakan Jasa SEO dari perusahaan agency yang sudah berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *