Pengertian Hard Disk adalah sebuah komponen atau perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer. Jadi apabila sobat komputer memiliki komputer atau laptop data yang sobat simpan pada komputer tersebut penyimpanannya berada pada komponen yang satu ini. Hard disk sendiri digunakan sebagai tempat penyimpanan utama jadi semua data baik itu berupa sistem operasi, aplikasi, dan data lainnya akan disimpan di hard disk. Besarnya kapasitas penyimpanan pada hard disk bermacam – macam ada yang mampu menampung data sebesar 30 GB, 80 GB, 250 GB

Hard Disk ATA / EIDE

Hard disk jenis ATA ( Advanced Technology Attachment ) atau juga disebut dengan EIDE ( Enhanced Integrated Drive Electronic ) merupakan hard disk yang menggunakan teknologi antar muka disk yang sesuai antara koneksi ke bus dan dapat dihubungkan langsung ke bus PCI. Untuk produsen yang memproduksi hard disk ini sangat banyak hal jadi tidak perlu kawatir sobat komputer bingung untuk mencarinya.

Keunggulan dari hard disk jenis ini adalah harganya yang murah sementara kekurangan dari hard disk jenis ini adalah harus menggunakan kontroler secara terpisah apabila sobat menggunakan dua drive secara bersama – sama.

Hard Disk SCSI

Hard disk jenis ini bisa terkoneksi ke bus SCSI ( Small Computer System Interface ) standar serta memiliki performa yang lebih baik dari hard disk ATA. untuk pemakaian bersamaan ke banyak drive tanpa menggunakan kontroler, akan tetapi untuk harganya lebih mahal dari pada hard disk ATA / EIDE.

Hard Disk RAID

Hard disk RAID ( Redundant Array of Independent Disks ) Hard disk jenis ini memiliki kehandalan yang tidak perlu diragukan lagi, kemampuan untuk mentolelir kesalahan penyimpanan atau penumpukan data menjadi keunggulan hard disk jenis ini. selain itu kemampuan penyimpanan yang sangat besar menjadikan hardisk ini banyak dilirik oleh konsumen. Hard disk jenis ini sangat baik digunakan untuk komputer dengan performa menengah atas, Sehingga banyak digunakan pada komputer yang ada sekarang ini.

Hard Disk SATA

Hard disk SATA ( Serial Advanced Technology Attachment ) terkenal dengan kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi dan mampu mengurangi latensi atau delay. Dalam proses pentransferan datanya hard disk jenis ini melakukannya secara berurutan. Hard disk jenis ini juga tidak menggunakan sistem master atau slive karena dalam penggunaannya hard disk ini hanya bisa menggunakan satu kabel untuk satu hard disk.

Hard Disk SSD

Tidak seperti jenis hardisk sebelumnya teknologi hard disk yang satu ini tidak menggunakan mekanik dalam media penyimpanannya akan tetapi menggunakan teknologi SSD (Solid State Disk), jadi teknologi yang digunakan sama seperti USB Drive atau memori komputer. Apabila sobat perhatikan dengan seksama jenis hard disk ini tidak memiliki komponent bergerak didalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *