Pengertian dan Perbedaan CD dan DVD

  1. CD-Rom

Merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.

  1. CD-RW

Merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD-R dan CD-RW adalah kalau data yang telah disimpan di CD-R tidak bisa dihapus lagi ( telah permanen). Sedangkan CD-RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.

  1. DVD-5

Sama halnya dengan CD-R, tetapi DVD5-Rom memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,7Gb single layer dan dapat memutar film atau video dengan resolusi 720×480 piksel.

  1. DVD-RW

Merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,7GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak terlalu jauh jaraknya.

  1. DVD-9 (Penjelasan)

DVD-DL (Dual layer, Lapisan Ganda) merupakan kepingan optis penyimpan data yang kapasitasnya 2 kali DVD biasa. Secara umum, kita tahu bahwa Dvd biasa dapat menyimpan data sebesar 4,7 gigabit. Namun sejak oktober 2003, DVD DL mulai didemonstrasikan. Embel-embel DL (dual layer) sendiri berarti memiliki 2 kepingan optis yang digabungkan sehingga kapasitasnya menjadi 8,5 gigabit.

Pengertian CD-Rom dan DVD-Rom

Pengertian CD-Rom
CD-Rom merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-Rom juga berarti bahwa CD-Rom Drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-Rom dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR-RW drive. Pada CD-Rom terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD-RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD-W tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD-Rom seccepat 12x, membakar pada CD-RW secepat 8x, dan membaca CD-R/CD-RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Fungsi CD-Rom
Telah di jelaskan bahwa CD-Rom mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD-Rom juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (Operating System), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

Pengertian CD-RW

CD-RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis di kepingan CD Blank, kerennya burn FUNGSI CD-RW – CD RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD Audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.
Pengertian DVD-Rom

Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.

Fungsi DVD-Rom DRIVE

Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD. Dalam DVD ada dua bagian format yang sangat penting, yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format (Format aplikasi). Yang dimaksud dengan format fisik adalah DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan yang dimaksud dengan format aplikasi adalah, DVD video yang disebut DVD juga lalu ada yang disebut DVD Audio, DVD Stream Recording dan ada juga yang disebut Super Audio CD (SACD). Selain itu ada juga format aplikasi yang dipergunakan khusus untuk Games seperti Sony Play-Station 2 atau Microsoft Xbox.

Pengertian DVD-RW

DVD RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa.

FUNGSI DVD-RW

DVD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik DVD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau DVD -RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *