Lahir di Bath, Inggris pada 15 Juli 1808 dan meninggal di London, Inggris pada18 April 1882 pada umur 73, adalah seorang pegawai negeri yang membantu terlaksananya berbagai inovasi bidang perdagangan dan Pendidikan di Britania Raya pada abad ke-19.

 

Henry Cole  memulai karirnya sewaktu masuh berusia 15 tahun dengan bekerja di Kantor Rekaman Publik. Sewaktu menjabat asisten arsiparis, ia dikenal sebagai tokoh yang melakukan pembaruan dalam organisasi dan memajukan teknik pengawetan di Arsip Nasional Britania Raya.

 

Dari tahun 1837 hingga 1840, Cole bekerja sebagai asisten Rowland Hill, dan ikut membantu merancang sistem Penny Post (pengiriman surat dengan biaya 1 penny). Namanya kadang disebut sebagai pendesain Penny Balck yang merupakan prangko permana di dunia.

 

Pada tahun 1843, Cole mendesain kartu natal pertama dunia. Illustrasi kartu terserbut dikerjakan seniman bernama John Callcott Horsley.

Kartu Natal Pertama Dunia

 

Felix Summerly

Desain industri merupakan minat Cole secara pribadi. Dengan memakai nama samara Felix Summerly, desainnya diwujudkan dalam sejumlah produk, termasuk teko produksi Minton yang memenangi penghargaan. Selain itu, Henry Cole menulis seri buku cerita anak dengan nama pena Felix Summerly, diantaranya A book of stories from The home treasury, A hand-book for the architecture, sculptur, tombs dan lain-lain.

 

Menyelenggarakan Pameran Pertama Dunia

Pameran Seni Pertama Dunia

Sebagai anggota Lembaga Promosi Seni, Manufaktur, dan Perdagangan, Cole melobi pemerintah untuk mendukung usahanya memajukan standar desain industri. Berkat dukungan Pangeran Albert, sebuah piagam kerajaan dikeluarkan bagi Lembaga Kerajaan untuk Promosi Seni, Manufaktur, dan Perdagangan (Royal Society of Arts, disingkat RSA).

 

Dengan pangeran Albert sebagai pelindung, Cole pada tahun 1847 menyelenggarakan Pameran Manufaktur Seni pertama dunia dan berlanjut dengan pameran yang lebih besar pada dua tahun berikutnya (1848 dan 1849).

 

Pada tahun 1849, Cole mengunjungi Pameran Paris Quinquennial ke-11 di Paris, dan melihat sedikitnya peserta dari luar negeri, Menurutnya, Pameran Manufaktur Seni yang diadakan RSA di Inggris bisa diperluas menjadi pameran berskala internasional.

 

Berkat Ratu Victoria, Cole pada tahun 1850 mendirikan Komite Pameran Kerajaan tahun 1851 yang menjadi penyelenggara Pameran Manufaktur Seni yang baru, dengan Pangeran Albert sebagai ketua. Berkat usaha Cole, komte menjadi penyelenggara Pameran Besar Karya Industri Semua Bangsa dari 1 Mei hingga 15 Oktober 1851 di Istana Kristal, Taman Hyde, London. Pameran internasioanl ini dikunjungi banyak orang dan menguntungkan secara finansial.

 

Peninggalan dan Penghargaan

 

       Cole berperan penting dalam pembangunan Akademi Seni Kerajaan sebagai sekolah pascasarjana bidang desain. Selain itu, ia juga ikut mendirikan berbagai lembaga Pendidikan lain di Kensington Selatan, seperti Akademi Musik Kerajaan dan Akademi Kerajaan London.

 

Departemen Matematika Akademi Kerajaan baklan dulunya menepati sisi Gedung yang disebut Sisi Sir Henry Cole (Sir Henry Cole Wing) sebelum bangunan dihibahkan kepada Museum Victoria & Albert.

 

Penghargaan yang diterimanya sebagai penyelenggara Pameran Dunia yang sukses adalah Order of the Bath (CB) dan gelar ksatria dari Ratu Victoria pada tahun 1875.

 

Media sering menyebut Cole si “Raja Tua”, karena dikenal sebagai tokoh yang didukung secara pribadi oleh Ratu Victoria, dan terutama Pangeran Albert yang selalu menunjuk Cole sebagai pemimpin proyek-proyek pribadi yang ingin dirintisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *