Mengenal Istilah-Istilah yang Sering Digunakan dalam Bisnis Online


Salah satu langkah paling awal yang harus Anda lakukan saat memasuki dunia bisnis online adalah memahami istilah-istilah yang sering digunakan. Mungkin saat ini Anda sudah familiar dengan istilah-istilah seperti reseller, shipping, COD, restock, dan sebagainya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Anda mungkin akan menjumpai istilah-istilah asing yang jarang digunakan seperti online presence, CTA, remarketing, dan sebagainya.

Meski terlihat sepele, tapi hal ini bisa saja menjadi penghambat kelancaran bisnis Anda. Berikut adalah beberapa istilah-istilah yang jarang digunakan dalam bisnis online.

Online Presence

Online presence atau kehadiran online adalah berbagai upaya yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi bisnis Anda di internet yang semuanya akan bermuara pada website Anda. Maksudnya adalah, tanpa adanya website, maka audiens tidak akan tahu kemana harus mengunjungi atau mencari Anda di internet. Jika online presence Anda cukup baik, maka traffic website Anda juga akan meningkat. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan online presence:

  • Membangun website dengan konten yang sesuai dengan target audiens
  • Pastikan website memiliki user interface yang baik, sehingga audiens akan betah berlama-lama di website Anda, sekaligus
  • meningkatkan kepercayaan mereka kepada bisnis Anda
  • Mendistribusikan konten bermanfaat secara konsisten
  • Mengintegrasikan website dengan media sosial lainnya

Call-To-Action (CTA)

CTA adalah kata-kata di sebuah iklan yang tujuannya untuk mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu atau mengambil action. Tindakan yang dimaksud misalnya, mengunjungi website, membeli produk atau layanan, berlangganan, menjadi member, dan sebagainya.

CTA yang baik adalah yang bisa menciptakan urgensi agar audiens segera meng-klik iklan Anda, atau bisa juga dengan kata-kata yang membuat penasaran, sehingga audiens akan mencari tahu lebih lanjut terkait produk Anda.

Konversi

Dalam bisnis online, konversi adalah kondisi ketika proses marketing Anda berhasil mengajak target audiens untuk melakukan pembelian. Bisa dikatakan, konversi adalah tahap setelah CTA dilakukan.

Audiens yang mengunjungi website Anda melalui CTA, adalah mereka yang memang memiliki ketertarikan kepada produk Anda. Namun demikian, kondisi ini tidak serta-merta membuat mereka melakukan pembelian. Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk bisa meningkatkan rasio konversi.

Remarketing

Remarketing adalah proses untuk mengajak konsumen Anda untuk melakukan pembelian ulang. Remarketing juga dapat didefinisikan sebagai fitur iklan digital yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada mereka yang sebelumnya sudah pernah mengenal produk dan mengunjungi website Anda.

Saat seseorang mengunjungi website Anda, ada dua kemungkinan yang mungkin terjadi, yakni audiens tersebut sedang mempelajari dan tertarik kepada produk Anda, atau audiens tersebut sedang membandingkan produk Anda dengan produk kompetitor.

Dengan demikian, tugas Anda di sini adalah meyakinkan audiens tersebut untuk memilih produk Anda melalui proses remarketing tadi.

Affiliate Marketing

Afiliasi adalah proses memasarkan produk milik orang lain, sebagai gantinya, Anda akan mendapat sejumlah komisi jika berhasil mengajak orang lain untuk melakukan pembelian. Pemasaran model ini sama halnya dengan seorang makelar atau perantara, hanya saja bersifat online. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan promosi semenarik mungkin, sehingga target audiens Anda tertarik dan akhirnya melakukan pembelian melalui link Anda.

Demikian pembahasan mengenai beberapa istilah yang jarang digunakan di dunia bisnis online. Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu cara untuk meningkatkan konversi adalah dengan mengintegrasikan website Anda dengan layanan payment gateway untuk bisa menerima pembayaran online.

Xendit adalah payment gateway yang dapat membantu Anda agar semua transaksi online di website Anda akan berjalan secara otomatis tanpa perlu konfirmasi manual. Xendit juga telah menggunakan API CyberSource yang merupakan perusahaan pengelola pembayaran terbesar di dunia yang berada di bawah naungan VISA, sehingga toko online Anda akan mendapatkan nilai lebih di mata konsumen dalam hal keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Daftar sekarang juga dan nikmati layanan free trial dari Xendit dengan fitur-fitur lengkap, full support dari tim Xendit, serta transisi mudah untuk aktivasi akun pemilik usaha. Apabila memiliki pertanyaan lainnya terkait produk Xendit, Anda bisa menghubungi tim Xendit melalui contact us.

Uncategorized

jasa maintenance website bisnis di bogorjasa maintenance website bisnis di jabodetabekjasa maintenance website di bogorjasa pembuatan aplikasi bisnis di bogorjasa pembuatan aplikasi bisnis di jabodetabekjasa pembuatan aplkasi iosjasa pembuatan website bisnis di bogorjasa pembuatan website bisnis murah di jabodetabekjasa pembuatan website di bogorjasa pembuatan website di jabodetabekjasa pembuatan website ukm di bogorjasa pembuatan website ukm di jabodetabekjasa pembuatan website untuk usaha di jabodetabekjasa website bisnis murah di bogor jasa SEO di bogorjasa website bisnis murah di jabodetabekjasa website di bogorjasa website di jabodetabekjasa website murah di bogorjasa website murah di jabodetabekjasapembuatanaplikasijasapembuatanaplikasibogorjasapembuatanwebsitejasawebsitejasawebsitebogormaintenance website di jabodetabekpembuatan website bisnis di jabodetabekpembuatan website di jabodetabek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *