Manfaat SEM sangat besar bagi pemasaran produk atau website melalui dunia maya. Dengan semakin berkembangnya teknologi membuat cara kerja bisinis pun menjadi semakin mudah namun mampu memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Seperti halnya penggunaan SEM atau Search Engine Marketing yang membantu dalam proses pemasaran.
Bagaimana cara kerjanya ? Search Engine Marketing melibatkan teknik promosi yang akan meningkatkan visibility pada mesin pencarian sekaligus meningkatkan trafik kunjungan ke website produk. Tentu hal ini akan menguntungkan bagi bisnis online yang memang harus dilihat banyak orang tanpa promsi yang besar-besaran dan berbiaya mahal.

Jika ditilik Search Enging Marketing hampir memiliki kesamaan dengan SEO atau Search Engine Optimization dengan memanfaatkan keyword pada mesin pencarian. Namun SEO akan muncul pada mesin pencarian dengan proses yang agak lama ketimbang menggunakan cara SEM. Walaupun memang menggunakan SEO tidak mengerluarkan biaya apapun alias gratis sedangkan dengan SEM harus sedikit berkorban membayar iklan atau promosi. Adapun manfaat SEM lainnya yang bisa dipertimbangkan sebagai cara untuk mempromosikan website atau produk adalah :

1. Pencapaian target

Dengan menggunakan SEM maka target pemasaran akan lebih terfokus. Sasaran pemasaran akan lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang dipromosikan. Hal itu akan mengakibatkan kualitas trafik menjadi bagus dan membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat pula.

2. Pelanggan lebih luas

Dalam bisnis online tentu keberadaan pelanggan menjadi hal yang penting. Tidak hanya pelanggan yang berada di sekitar saja namun pelanggan dari daerah atau lokasi lain akan memberikan peluang yang besar pula untuk meningkatkan pemasaran website atau produk. Dengan menggunakan SEM akan lebih meningkatkan trafik pelanggan dari lingkungan geografis yang lebih luas.

3. Kontrol menyeluruh

Menggunakan SEM sebagai sarana promosi akan memberikan keleluasaan untuk mengontrol baik dari biaya, timeline serta hasil yang ingin dicapai. Kontrol ini juga termasuk pada keyword serta pemilihan jenis iklan yang sesuai dengan website atau produk yang akan dipromosikan

4. Percakapan yang meningkat

SEM menargetkan pemasaran pada pengunjung yang relevan dengan website atau produk yang dipromosikan. Hal itu akan membuat tingkat konversi search marketing akan meningkat pula.
Search Engine Marketing menggunakan iklan berupa link yang jika di klik akan langsung menuju ke website produk yang dipromosikan. Tentu saja hal ini akan mengeluarkan biaya untuk membeli iklan tersebut. Namun sampai saat ini SEM masih merupakan promosi iklan berbayar yang paling populer digunakan karena hanya mengeluarkan biaya yang ringan atau lebih sedikit dari sistem promosi berbayar lainnya.

Namun sebelum menggunakan sistem Search Engine Marketing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu :

1.Pemilihan keyword

Serupa dengan SEO, keyword merupakan kunci penting untuk membuat website terpromosi dengan maksimal. Keyword yang tepat, spesifik dan sesuai dengan website atau produk yang diiklankan akan memberi kemudahan untuk menampilkan iklan pada mesin pencarian

2.Pemilihan konten iklan

Berupa pemilihan teks atau gambar yang sesuai dengan website atau produk promosi agar pengunjung juga tertarik. Pemilihan konten juga harus cermat karena ada keterbatasan jumlah teks pula

3.Biaya per klik

Hal ini berpengaruh pada biaya iklan yang akan dibayar oleh pemilik website atau produk promosi. Setiap klik mempunyai harga yang harus dibayar. Karenanya, harus diperhitungkan dengan tepat dan efektif berapa biaya per klik yang tepat dan sesuai dengan budget.

Search Engine Marketing meskipun mengeluarkan biaya namun target pemasarannya dapat dibidik dengan lebih fokus. Oleh karenanya,peluang untuk meningkatkan akses pengunjung ke website produk promosi pun akan lebih besar. Hal itu pula yang sekaligus menjadi manfaat SEM.

Contoh Search Engine Marketing

Jadi sebenarnya, apa itu Search Engine Marketing? Menurut Searchengineland.com, secara singkatnya Search Engine Marketing/ SEM dapat diartikan sebagai “membeli” traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.
Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword/kata kunci yang mereka inginkan, dengan harapan bahwa setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, akan memilih website/iklan mereka.

Terdapat bermacam format dalam Search Engine Marketing, diantaranya format berbentuk text, dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual.
Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Karena penggunaan Google Adwords sangatlah populer, kami hanya akan membahas tentang Google Adwords.

  • Sekilas Tentang Google Adwords

Google Adwords menjadi salah satu pilihan cara yang sangat populer diantara metode SEM lainnya.
Apa sebetulnya yang dimaksud dengan Google Adwords? Sebetulnya Anda pasti sudah sering melihat iklan Google Adwords, namun mungkin Anda belum menyadari terms atau arti dari kata tersebut.

  • Apa search engine marketing sem contoh google adwords

Agar lebih memudahkan, kami mengambil contoh gambar iklan Google Adwords diatas dengan kata kunci “jual mobil bekas”. Ketika seseorang mencari keyword dengan “jual mobil bekas”, website/iklan milik marketer yang melakukan bidding pada kata kunci tersebut akan muncul di paling atas.
Disinilah muncul terms Pay Per Click (PPC) yang berarti seorang marketer akan membayar ke Google setiap kali iklannya diklik.

Google Adwords dan SEO
Jika diperhatikan, di samping kiri URL website mereka akan muncul kata “AD” atau “IKLAN” tergantung dari setting bahasa yang digunakan.
Untuk website yang tidak menggunakan Google Adwords, akan otomatis muncul di urutan ke-5 pada gambar di atas. Website yang berada pada urutan ke-5 diatas tidak menggunakan Google Adwords, melainkan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO).
Search Engine Optimization sendiri adalah metode untuk mendapatkan traffic secara gratis dan organic. Meson Digital juga akan membahas tentang SEO ini pada artikel lainnya.

  • Menentukan Posisi Iklan / Ad Rank pada Google Adwords

Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, bagaimana sistem bidding pada Google Adwords? Bagaimana cara agar iklan Anda mendapatkan posisi teratas, bukan ke-2, dan seterusnya?
jawabannya adalah tergantung dari banyak faktor! Rumus dari Ad Rank/posisi iklan adalah CPC Bid X Quality Score. Dimana CPC Bid merupakan budget yang sudah Anda tentukan untuk setiap klik ke iklan Anda.
Quality score sendiri akan ditentukan oleh Google, jadi tidak melulu marketer yang memasang budget tertinggi yang akan muncul di posisi teratas. Kualitas dari iklan sendiri mempunyai faktor besar dalam menentukan posisi iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *