Fungsi dan Tujuan SEO di Bidang Digital Marketing


Hubungan SEO dan Digital Marketing

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara untuk memungkinkan suatu blog atau brand produk untuk dapat berada di posisi atau rangking strategis dalam sebuah mesin pencari. Posisi strategis yang dimaksud adalah posisi di mana para pengguna internet dapat langsung menemukan brand produk, kata kunci, atau alamat situs di sebuah mesin pencari yang mereka akses. Posisi semacam ini tak lain adalah halaman pertama website mesin pencari. Dengan berada di halaman pertama sebuah mesin pencari, blog, produk, atau kata kunci dapat diakses dengan mudahnya.
Sementara itu, digital marketing adalah sebuah metode marketing yang dijalankan dengan dukungan produk digital seperti berbagai jenis perangkat digital dan fasilitas internet. Produk digital ini nantinya akan memudahkan para konsumen untuk berinteraksi dengan para pebisnis online. Aplikasi dari penggunaan digital marketing ini cenderung lebih banyak mengacu pada penggunaan teknologi berbasis online seperti jejaring sosial, website, email, dan masih banyak lainnya. Untuk mendukung aktifitas digital marketing, para pelaku digital marketing juga menggunakan media promosi lainnya seperti banner, papan billboard, TV, radio, dll.
Seiring majunya era digital, berbagai perangkat dengan dukungan jaringan internet lebih disukai oleh para konsumen bila dibandingkan dengan perangkat-perangkat umum lainnya. Perangkat berbasis online ini digunakan untuk mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan, termasuk informasi tentang jasa atau produk. Tak hanya itu, para konsumen juga bisa mengakses berbagai opini tentang suatu produk atau jasa yang sedang mereka cari.

Fungsi SEO untuk Digital Marketing

Semua konsumen menginginkan brand yang terbaik dan terpercaya serta berkualitas. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi seputar produk atau jasa dengan kriteria yang mereka inginkan yaitu dengan mencarinya di mesin pencari. Nah, di sinilah para pelaku digital marketing berperan untuk memenuhi keinginan para konsumen mereka. Dengan melalui website atau blog, mereka dapat menyediakan informasi detail seputar produk, brand, atau jasa yang akan mereka promosikan. Agar website mereka dengan mudah dilihat kemudian diakses oleh para pengunjung, website mereka harus berada di halaman pertama sebuah mesin pencari. Mengapa harus di halaman pertama? Dengan berada di halaman pertama web mesin pencari, para pengunjung dapat langsung melihat website Anda dengan catatan kata kunci yang Anda gunakan sesuai dengan kata kunci yang dituliskan pada kolom pencarian oleh pengunjung.

Tujuan Penggunaan SEO di Bidang Digital Marketing

Penggunaan SEO dalam dunia digital marketing bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media mesin pencari. SEO sangat memungkinkan sebuah website, brand, produk, ataupun jasa dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung karena berada di halaman pertama web mesin pencari. Dengan demikian, digital marketer dapat berinteraksi secara langsung dengan para konsumen, termasuk soal produk atau jasa yang sedang dicari oleh konsumen.
Terdapat beberapa kelebihan penggunaan digital marketing bagi Anda para pebisnis online atau para pemilik blog. Salah satunya yaitu ukuran konten yang tidak dibatasi dan fleksibilitas dalam menampilkan dan menyimpan konten terbilang tinggi. Selain kelebihan, digital marketing juga memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu konsumen kesulitan untuk menemukan konten dan adanya blocking apabila konten dianggap tidak layak untuk dipublikasikan. Para digital marketer juga perlu menerapkan strategi marketing yang tepat guna menjangkau banyak konsumen. Tanpa mengimplementasikan strategi yang tepat, seorang digital marketer akan merugi karena bisnisnya bisa saja akan tenggelam karena kalah bersaing dengan para digital marketer lainnya. Perlu dipikirkan beberapa poin penting sebelum membuat strategi digital marketing. Poin-poin tersebut meliputi:

· Menentukan target konsumen

· Mengenal target konsumen

· Menciptakan branding

· Mengenal pesaing

· Memilih media/ channel digital marketing yang tepat

· Mengevaluasi aktifitas marketing dengan rutin

· Menganalisa persaingan bisnis untuk beberapa tahun ke depan

· Menciptakan strategi konten

· Fokus pada cara menjaga loyalitas para konsumen

Selama proses implementasi digital marketing, pastinya ada tantangan yang dihadapi oleh para digital marketer. Contoh tantangan yang paling sering dijumpai oleh sebagian besar digital marketer antara lain:

· Kompetisi yang semakin kuat dari para pesaing

· Banyaknya pilihan media atau channel untuk mengaplikasikan digital marketing

· Jumlah data yang terus bertambah

Sosial media diklaim sebagai channel yang paling sering digunakan oleh sebagian besar digital marketer untuk mempromosikan brand mereka. Terlebih saat ini ada banyak jenis sosial lengkap dengan fitur-fitur pendukungnya yang sudah pasti akan semakin mempermudah aktifitas marketing online. Selain sosial media, channel favorit para marketing online lainnya yaitu blog. Para pebisnis online dapat memanfaatkan platform atau provider blog gratis, seperti Blogger, WordPress, dan Tumblr untuk membuat sebuah blog baru. Hanya saja yang menjadi poin yang lebih penting adalah konten blog itu sendiri. Konten blog sangat berpengaruh terhadap posisi blog nantinya di mesin pencari. Jika Anda seorang pebisnis online dan menggunakan blog sebagai media marketing online-nya, pastikan konten blog memenuhi kriteria SEO yang benar. Kini telah banyak jasa SEO Bogor yang ditawarkan oleh perusahaan SEO yang ingin membantu menata konten blog para kliennya agar sesuai dengan SEO yang benar. Sebut saja salah satunya perusahaan SEO Bogor atau lebih populer dengan label Perusahaan Inditek.Id. Anda yang berdomisili di Bogor atau daerah sekitarnya boleh mencoba menggunkan jasa perusahaan SEO ini.

DevelopmentDigital Marketing

aplikasiaplikasiandroidaplikasiiosbogordigitalmarketingjabodetabekjasapembuatanwebsitejasawebsitejasawebsitebogorwebsitewebsitebogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *