Perubahan besar pada platform WordPress yang merupakan salah satu CMS favorit didunia ini bisa jadi sulit untuk diterima. Namun, bahkan platform yang sangat populer seperti WordPress perlu beradaptasi dengan waktu, atau berisiko kehilangan pangsa pasar. Gutenberg adalah lompatan besar, dan ini bukan satu-satunya pembaruan yang muncul.

Editor baru, bernama kode Gutenberg, adalah lompatan besar dalam fungsi. Ini menggunakan sistem berbasis blok baru untuk mengedit yang memungkinkan Anda untuk menanamkan berbagai konten di posting dan halaman Anda, dan memberi Anda banyak fleksibilitas dalam meletakkan blok-blok itu di halaman.

Tentunya dengan adanya update dari WordPress 5.0 ini akan menjadi pertimbangan dari banyak orang dikarenakan tentunya perubahan mayor ini akan berdampak pada banyak hal seperti tema-tema, plugin, dan hal lain yang harus menyesuaikan dengan pembaharuan yang ada.

WordPress telah ada selama lebih dari 15 tahun, dan pada saat itu jutaan situs web telah dibuat menggunakan kerangka kerja pengeditan saat ini. Ada sejumlah besar plugin yang ditinggalkan yang dipasang di situs WordPress – plugin yang tidak lagi dipelihara secara aktif oleh pengembangnya. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dan masalah yang perlu Anda pikir-pikir terlebih dahulu sebelum update ke WordPress 5.0.

Jika Anda ingin melakukan update pada WordPress 5.0 ini, pastikan Anda harus melakukan backup terlebih dahulu karena update mayor ini akan memungkinkan menyebabkan ketidakcocokan pada platform Anda yang lama sehingga untuk mengurangi kekecewaan Anda jangan sampai Anda tidak melakukan back up terlebih dahulu.

Bagaimana Jika saat melakukan update, terbayata Website Anda bermasalah ? Jangan khawatir, karena berikut adalah beberepa step yang perlu Anda lakukan :

  • Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah mengosongkan cache, jika Anda menggunakan plugin cache seperti LiteSpeed Cache, W3 Total Cache, WP Super Cache, atau plugin sejenis lainnya.
  • Kedua, jika Anda menggunakan Cloudfare, kosongkan juga cache-nya.
  • Ketiga, jika masih ada error, minta bantuan dari support team untuk mencari tahu dimana error terjadi. Kemungkinan besar ada plugin yang belum mendukung Gutenberg yang diberikan oleh WordPress 5.0 ini, dan silakan menghubungi pengembangnya agar mereka dapat melakukan patch terhadap plugin mereka.
  • Keempat, rollback ke backup yang sudah Anda lakukan sebelumnya jika semua cara diatas tidak bisa solve issue Anda. untuk Opsi ini anda pastikan sudah melakukan backup pada file Anda sebelumnya
  • Lalu, Jika keempat cara tersebut masih Gagal Anda bisa mengirimkan tiket bantuan di WordPress Core Trac, agar masalah Anda dapat diperbaiki.

Kami merekomendasikan server yang menjalankan versi 7.2 atau lebih tinggi dari PHP dan MySQL versi 5.6 ATAU MariaDB versi 10.0 atau lebih tinggi. Kami juga merekomendasikan Apache atau Nginx sebagai opsi paling kuat untuk menjalankan WordPress, tetapi keduanya tidak diperlukan.

 

Langkah-Langkah Cara Update ke WordPress 5.0

  1. Install Gutenberg editor
    Sebelum melakukan update, adabaiknya Anda mencoba terlebih dahulu Gutenberg editor yang merupakan tampilan Editor terbaru dari WordPress 5.0 ini. Anda bisa mendownload di Halaman Gutenberg editor Plugin.
  2. Backup WordPress
    Seperti yang diinformasikan sebelumnya bahwa layanan WordPress ini akan memungkinkan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan dan kegagalan update pada wordpress lama Anda, Pastikan Anda sudah melakukan backup pada Website Anda atau Anda bisa menghubungi Provider Hosting anda seperti IDcloudhost untuk bantuan ini.
  3. Cek Plugin dan Tema
    Coba cek terlebih dahulu apakah ada kerusakan pada plugin Anda ? Jika tidak, maka bisa dikatakan saat ini Anda bisa masih aman dan bisa melanjutkan untuk mencoba update ke WordPress 5.0.
  4. Update WordPress
    Jika semua persiapan sudah matang, Silakan melakukan update WordPress 5.0 Anda.
  5. Update Semua Theme & Plugin yang sudah Compatible
    Ini sangat penting setelah Anda melakukan update pada WordPress 5.0 Anda, silakan cek pada halaman pembaharuan Anda untuk melihat update plugin dan theme yang sudah kompatibel dengan WordPress 5.0. Jika belum Ada, Anda pantas untuk menunggu untuk segera melakukan update pada plugin dan theme.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *