PENGERTIAN:

WordPress adalah layanan blogging gratis, yang cukup populer sejak beberapa tahun lalu. Untuk membuat bog di WordPress terbilang cukup mudah, kita hanya perlu mendaftar dan membuat akun WordPress. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan blog sesuai keinginan kita.

Layanan ini terbagi menjadi dua bagian yakni WordPress.com untuk yang versi instan, dan WordPress.org untuk versi self-hosted. Dengan kata lain, WordPress.com memungkinkan kita membuat blog secara instan, tanpa perlu mendaftar hosting sendiri. Sementara bila menggunakan WordPress.org, kita harus menginstal dan mendaftarkan hosting sendiri.

Blogspot atau yang saat ini dikenal dengan Blogger, adalah layanan blogging gratis yang disediakan oleh Google. Dengan Blogspot, kita bisa membuat sebuah situs atau blog dengan instan dan pastinya gratis. Pada dasarnya Blogspot tidak berbeda jauh dengan WordPress.com, hanya saja Blogspot membebaskan kita untuk mengatur tampilan blog.

Berbeda dengan WordPress.com gratis, yang tidak mengizinkan kita untuk melakukan pengaturan sendiri pada source code blog tersebut. Tapi bagi blogger pemula dan belum mengerti seputar bahasa HTML, memang lebih mudah menggunakan WordPress.com

Apa kelebihan dan kesamaan antara blogspot dan wordpress ?

WordPress dan blogspot merupakan sebuah blog yang lebih cocok dalam bidang penulisan artikel. Adapun kelebihan dan kesamaan keduanya sangat banyak, yang diantaranya adalah :

  1.   Gratis

Membuat akun blog dari keduanya tidak dikenakan bayaran alias gratis. Lalu kita bisa meinkmati berbagai sarana dan media di dalamnya.

  1.   Proses pendaftarannya mudah

Hanya dengan mendaftar dan memasukkan email sebagai syarat pendaftaran, kita sudah mempunyai akun blog secara gratis dan permanen. Kita bisa menulis berbagai macam tulisan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

  1.   Bisa membuat banyak blog dalam satu akun

Kita bisa membuat banyak blog setelah kita mendaftar meskipun kita hanya mempunyai satu akun saja.

  1.  Bisa memilih template (thema tampilan)

Kita bisa mengganti template dengan desain yang indah sesuai dengan kebutuhan kita.

  1.   Bahasa

Keduanya menyediakan beberapa bahasa khususnya bahasa Indonesia, sehingga mempermudah bagi pengguna dalam memahami beberapa kata dan petunjuk di dalamnya.

Apa perbedaan antara blogspot dan wordpress ?

Adapun perbedaan keduanya juga sangat banyak, yang diantaranya adalah :

  1.   Google Adsense

Karena blogspot ada pada naungan google, maka blogspot sangat mendukung adanya Google adsense, sehingga kita bisa mendapatkan uang pemasukkan dari blog, tetapi sangat sulit untuk diterima di google adsense, harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh google adsense. Sedangkan wordpress tidak mendukung adanya google adsense.

  1.   Kode HTML

Kode HTML pada template blogspot bisa dengan mudah kita ubah sesuai kebutuhan, tetapi kode HTML pada wordpress sangat sulit untuk diubah.

  1.   Widget

Dalam blogspot, penataan dan pengaturan widget sangat mudah, kita tinggal hanya mempunyai kode widgetnya lalu menambahkannya ke dalam gadget. Sedangkan untuk wordpress agak repot tentang masalah penataan dan pengaturan gadget. Namun, widget wordpress lebih lengkap dibanding blogspot.

  1.   Indexs di google

Blogspot lebih mudah terindeks di google daripada wordpress. Namun, bagi wordpress itu bisa diatasi jika kita sering membuat dan mengupdate artikel.

  1.   Javascript

Blogspot mendukung javascript sedangkan wordpress kurang mendukung javascript. Artinya, blogspot bisa menerima widget dari luar atau widget yang tidak disediakan oleh platform blogger, sedangkan tidak semua widget dari luar wordpress bisa dipasang di wordpress.

  1.   Harga template premium

Kebanyakan dari para blogger yang menggunakan keduanya, mereka memberi asumsi bahwa harga template premium wordpress lebih mahal daripada harga premium template pada blogger. Di berbagai site banyak menyediakan download template bagi blogspot, dan kebanyakan temnplate gratisan itu juga bisa support pada blogspot. Sedangkan template luar tidak support bila digunakan pada wordpress, wordpress hanya mendukung template bawaan gratisan atau template yang berbayar.

  1.   Menu horizontal

WordPress lebih mudah dalam membuat menu dan submenu, sedangkan blogspot harus mengotak-atik kode HTML dulu. Adapun jika kita membuat menu dengan cara mengcopy paste kode menu horizontal, itu masih terlihat monoton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *