Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Aplikasi Mobile


Penggunaan aplikasi mobile di kalangan masyarakat bukanlah hal yang baru. Kebutuhan akan aplikasi mobile juga terus meningkat dan menjadikan semakin beragamnya jenis aplikasi guna membantu kebutuhan sehari – hari. Para pebisnis juga sudah berbondong – bondong melirik pasar aplikasi mobile untuk memperluas usaha mereka. Kemudahan pelanggan adalah tujuan utama. Tetapi kadang yang menjadi persoalan adalah cara membuat aplikasi mobile atau mobile application tersebut. Kurangnya pengalaman ataupun kemampuan di bidang IT, menjadi momok bagi pebisnis yang mungkin jarang bersinggungan dengan dunia teknologi. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat aplikasi mobile. Mari kita simak beberapa poin berikut.

1. Tentukan tujuan utama aplikasi mobile

Poin penting dalam pembuatan aplikasi mobile adalah dimana Anda dapat mendefinisikan tujuan utama dari aplikasi. Karena hal ini akan memandu Anda agar tidak keluar dari hasil yang ingin Anda peroleh. Dan tujuan itu haruslah mengacu pada kebutuhan pelanggan Anda. Aplikasi mobile Anda harus menjawab permasalahan yang timbul dari pelanggan Anda ataupun dari masyarakat luas. 

Mulailah melakukan riset untuk mengetahui apa yang dibutuhkan untuk menunjang kemudahan dalam kehidupan mereka sehari – hari. Dan gunakan permasahalan mereka sebagai tujuan Anda membuat aplikasi mobile. Analisa yang tepat terhadap permasalahn pelanggan Anda akan membuat aplikasi mobile yang Anda bangun menjadi primadona di masyarakat dan target market bisnis anda.

2. Desain aplikasi mobile yang mudah dan jelas

Dalam mendesain aplikasi mobile, hal yang perlu diperhatikan adalah semudah apa aplikasi Anda digunakan oleh target market Anda tanpa adanya petunjuk pemakaian. Jika Anda seorang pemula, baik bagi Anda untuk melakukan riset terhadap desain yang baik di mata pengguna. Anda dapat membandingakn aplikasi mobile yang sudah ada. Gunakan metode ATM (Amati – Tiru – Modifikasi) untuk menentukan desain aplikasi yang sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya usaha Anda bergerak di bidang penjualan barang, cobalah melihat aplikasi berjenis marketplace. Pelajari bagaimana mereka menampilkan produk dan kemudahan dalam pembayaran hingga pengecekan pengiriman.

 3. Platform yang mudah dalam pengembangan

Setidaknya Anda juga mengetahui sedikit hal teknis tentang cara membuat aplikasi mobile. Sekarang sangat banyak platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile. Platform – platform tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan. Cobalah dengan sabar memahami secara garis besar hal tersebut. Pastikan bahwa platform yang nantinya Anda pilih memiliki layanan pengembangan yang mengikuti perubahan dunia digital saat ini. Pastikan juga banyak referensi ataupun forum pendukung untuk developer. Hal ini penting karena semakin banyak developer yang menggunakannya, pastinya bagus juga perkembangannya untuk kebutuhan Anda kedepan dalam pengembangan aplikasi mobile Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengembangkan platform yang Anda buat.  Anda dapat meminta bantuan kepada jasa pembuatan aplikasi mobile yang ada di tempat domisili Anda. 

4. Multi user dan multi device

Faktanya semakin sedikit orang yang mau melakukan registrasi untuk sebuah aplikasi yang mereka gunakan. Hal ini yang mendasari bahwa seseorang menggunakan satu akun untuk melakukan pendaftaran di beberapa perangkat aplikasi mobile. Fitur ini yang perlu Anda pastikan ada juga di apilkasi mobile Anda.

Selain itu, perlu juga Anda memahami bahwa aplikasi Anda akan diakses dari berbagai macam perangkat dan berbagai merk perangkat mobile. Seperti halnya kedua jenis sistem operasi pada mobile yaitu android dan ios. Penting bagi Anda memastikan aplikasi Anda tidak mengalamai perubahan tampilan serta fungsi dan harus konsisten di setiap perangkat. Lakukan pengetesan menggunakan layanan pihak ketiga seperti Testdroid atau Elusivestars.

5. Feedback dan Evaluasi

Aplikasi mobile Anda perlu mendapat tanggapan dari pemakai. Ini yang mendasari aplikasi Anda sukses atau tidak. Bahwa setiap feedback menghasilkan pengembangan aplikasi yang sesuai kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi anda mempermudah pengguna aplikasi Anda dalam penyampaian pendapat mereka tentang aplikasi mobile Anda. Dari hasil evaluasi yang Anda buat, yang terpenting adalah Anda dapat mengelompokkan mana yang benar – benar menjadi kebutuhan pelanggan atau hanya sebagai “penghias”  di aplikasi Anda. 

Fitur – fitur yang nantinya akan dibuat pastikan juga telah dilakukan proses testing dari target market Anda. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan pengalaman yang menyenangkan saat mereka menggunakan aplikasi Anda.

Demikian tadi hal – hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat aplikasi mobile. Yang menjadi catatan adalah pastikan bisnis Anda benar – benar membutuhkan aplikasi mobile untuk menunjang tujuan perusahaan. Jika dirasa tidak perlu, jangan memaksakan hanya agar dibilang keren dan mengikuti perkembangan zaman yang ujung – ujungnya aplikasi mobile Anda kurang bermanfaat. Rencanakan strategi yang baik sebelum membuat aplikasi mobile.