Inilah Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis


Apakah yang dimaksud dengan analisis SWOT?

Analisis SWOT sebenarnya singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Analisis ini didasarkan pada pemetaan keempat aspek tersebut. Pemetaan tersebut sangat bermanfaat untuk proses pengambilan keputusan atau perencanaan strategi.

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing aspek SWOT.

  1. Strength alias kekuatan atau kelebihan adalah berbagai situasi atau kondisi yang berdampak positif, baik untuk sekarang ataupun untuk masa yang akan datang. Beberapa contoh dari strength adalah keunggulan, capaian, prestasi, serta keunikan yang dimiliki.
  2. Weakness atau kelemahan bisa dibilang adalah kebalikan dari Strength, di mana aspek ini merupakan berbagai situasi atau kondisi yang berpotensi memberikan dampak negatif.
  3. Opportunities atau peluang adalah segala situasi atau kondisi yang dapat memberikan kita kesempatan untuk berkembang atau berubah jadi lebih baik.
  4. Threats atau ancaman adalah berbagai situasi atau kondisi yang bisa membuat kita terhambat atau bahkan mencapai kegagalan.

Keempat aspek pada analisis SWOT sendiri kemudian dikelompokkan menjadi dua faktor. Pertama adalah faktor internal, terdiri atas Strength dengan Weakness. Faktor selanjutnya adalah faktor eksternal, terdiri atas Opportunities serta Threats.

Inilah kegunaan dari analisis SWOT

Dengan menggunakan analisis SWOT, kita akan dituntut untuk memahami hal-hal penting terkait suatu situasi, agar bisa mengambil langkah yang tepat. Analisis SWOT ini dapat digunakan untuk berbagai konteks, mulai dari organisasi, diri sendiri, termasuk juga untuk bisnis.

Lantas, bagaimanakah cara menggunakan analisis SWOT untuk bisnis? Agar lebih paham, kami akan menyajikannya dalam bentuk ilustrasi suatu bisnis online.

Contoh analisis SWOT untuk bisnis jualan kripik singkong pedas secara online

Misalnya, ada seorang pebisnis memiliki usaha berjualan kripik singkong pedas secara online. Analisis SWOT untuk bisnis tersebut kira-kira seperti ini.

Strength (kekuatan)

Weakness (kelemahan)

Opportunity (peluang)

Threats (ancaman)

Kemudian, setelah memetakan aspek-aspek tersebut, kita bisa memulai untuk memetakan strategi atau solusi. Kita petakan strategi dengan memasangkan faktor internal dan faktor eksternal. Pasangan tersebut yakni SO (Strength-Opportunity), WO (Weakness-Opportunity), ST (Strength-Threats), dan WT (Weakness-Threats).

Untuk usaha kripik singkong pedas di atas, pemetaan strateginya bisa sebagai berikut.

Strategi SO

Strategi WO

Strategi ST

Strategi WT

Setelah memahami contoh analisis SWOT, kini saatnya membuat analisis sendiri!

Bagaimana? Membuat analisis SWOT ternyata bukan suatu hal yang sulit, bukan?

Nah, kini setelah memahami bagaimana membuat analisis SWOT, cobalah buat analisis untuk bisnis Anda. Atau jika belum mulai berbisnis, Anda bisa membuatnya untuk melengkapi rencana bisnis.