Cara Melindungi Website dari Serangan Hacker


Ancaman terhadap dunia cyber terkadang sulit dikendalikan. Bahkan, kini hacker mulai menggunakan cara-cara baru untuk membajak website agar tak disadari oleh para pemilik dan penggunanya. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Lakukan beberapa cara sederhana berikut untuk melindungi website-mu dari serangan hacker.

Lakukan backup data sesering mungkin

Backup data adalah hal yang sederhana namun dibutuhkan ketika ingin mengelola website. Buatlah satu tempat menyimpan data yang bisa membuatmu yakin datamu tidak akan hilang.

Gunakan firewall

Aplikasi firewall pada umumnya menyediakan fitur untuk memblokir serangan yang dilakukan hacker dan mampu menyaring spammer dan bot yang berbahaya bagi website. Firewall akan membaca setiap bit data yang melewatinya. Di samping itu, aplikasi ini juga mampu memblokir situs tertentu yang berpotensi menyerang website lain. Langkah ini juga dapat memblokir IP address secara otomatis sehingga kamu tidak bisa lagi membuka website berbahaya yang dapat merugikan website-mu.

Gunakan SSL

Secure Socket Layer (SSL) bisa kamu gunakan dengan protokol yang sudah terenkripsi untuk mentransfer informasi antara website dan database. Hal ini tentu akan menyulitkan para hacker untuk masuk ke website yang sudah terlindungi SSL. Selain membuat website menjadi makin aman, SSL juga mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website-mu.

Selalu update software dan aplikasi

Cara ini memang mudah dilakukan dan sangat penting bagi website personal atau untuk brand. Namun, banyak perusahaan atau perseorangan yang memiliki website tapi tidak melakukan hal ini. Sebaiknya kamu jangan menunda-nunda untuk melakukan update ini, mengingat para hacker bisa saja memindai ribuan data dari website dalam satu jamnya. Bila rahasia membobol keamanan website terbongkar, bukan tidak mungkin hacker lain akan mengikutinya sehingga potensi website terserang juga semakin besar.

Memilih penyedia layanan cloud hosting terpercaya

Seiring pesatnya perkembangan teknologi internet dan digital, kini muncul pula cloud computing. Cloud computing diyakini lebih aman untuk website dan memiliki performa yang baik dalam melakukan bisnis online. Di Indonesia juga bermunculan penyedia jasa cloud hosting yang memberikan jaminan keamanan website-mu dari serangan hacker. Meski begitu, kamu juga perlu pintar-pintar dalam memilih penyedia layanan cloud hosting terbaik.