Cara Melakukan Audit Kemanan Website


Ketika semua hal kini berkaitan dengan online, keamanan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Karena kegiatan peretasan atau hacking dan serangan cyber bisa terjadi kapan saja.Namun jangan kuatir karena hampir semua serangan tersebut bisa dicegah.

Pada ulasan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga website agar tetap aman. Dan kamu tidak perlu untuk menyewa atau mempekerjakan seorang profesional untuk mengerjakannya. Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara untuk melakukan pencegahan secara dasar yg bisa membuat situs kamu lebih aman. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Membuat Sebuah Checklist Audit Keamanan Website

Sebuah checklist penting untuk dimiliki atau dibuat kapanpun apabila memiliki sebuah tugas penting. Tak terkecuali untuk audit website ini. Langkah ini menjadi yang pertama dalam daftar, dan sub-bab setelahnya adalah point-point yang bisa dimasukkan ke dalam checklist yang telah dibuat.

Memulai Dengan Pengaturan CMS Dasar

CMS yang kamu gunakan adalah jantung dari website milikmu, entah itu WordPress, Ghost, atau yang lainnya. Melalui portal login kamu dapat melakukan banyak hal pada websitemu, dari membuat postingan baru, menghapus konten yang sudah di-upload, hingga membuat situs menjadi offline. Nah, untuk itu tentunya kamu tidak ingin sembarang orang bisa mengakses halaman ini. 

Mereview Bagaimana Permissions yang Dimiliki Didefinisikan

Kapanpun kamu perlu melakukan update konten website, server akan memvalidasi access yang dimiliki oleh pengguna yang hendak melakukan perubahan tersebut. Jika seorang user memiliki akses dan izin untuk melakukan hal tersebut, maka perubahan akan terjadi. Beberapa permissions utama yang perlu diperhatikan adalah:

backup

Selalu Membuat Backup

Backup penting dilakukan untuk menghindari hilangnya data atau perubahan-perubahan yang telah dibuat sebelumnya. Ada banyak cara untuk melakukan backup yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan backup secara reguler untuk website milikmu.