5 Aplikasi Pembuat Game bagi Pemula


Kamu ingin membuat game tapi tidak memahami bahasa pemrograman? Tidak perlu berkecil hati, karena saat ini sudah ada banyak aplikasi yang dapat membantumu membuat game secara mandiri meski tanpa memiliki kemampuan coding.

Sebenarnya membuat game tidaklah sulit, tergantung niat Anda usaha yang Anda lakukan serta kemauan untuk belajar. Sebagai langkah awal Anda perlu mempelajari mengenai pembuatan game di Android kemudian mencoba membuatnya. Buat aplikasi game pertama Anda sekarang! Berikut ini adalah 5 aplikasi pembuat game terbaik untuk kalian para pemula.Oleh karena itu dikutip dari laman viva.co.id inilah beberapa aplikasi pembuat game bagi pemula.

1. Unity

Bagi para developer game, tentu sudah tidak asing lagi dengan software Unity. Software ini memungkinkan kamu membuat game berbasis 3D dengan mudah. Game 2D pun bisa dibuat. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat game dengan Unity, kamu bisa Memulai Dengan versi personal. Selain gratis, beberapa fitur unggulan Unity juga bisa kamu gunakan di sini.

2. Construct 2

Dengan tagline No programming needed!!Construct 2 merupakan software terbaik untuk membuat game bagi kamu yang tidak pernah menulis coding selama hidupmu. Game ini menawarkan di GUI yang cukup baik. Untuk membuat sebuah game kamu hanya perlu melakukan Drag and drop.

Logika game dan variabel bisa kamu sesuaikan dengan mudah. Keunggulan lain dari Construct 2 adalah kamu bisa mempublikasikan game kamu ke berbagai versi, mulai dari HTML5, Windows Store, Chrome web store, atau Facebook.

3. GameMaker : Studio

Hampir mirip dengan Construct 2, software ini memungkinkan kamu buat sebagian hanya dengan Drag and drop. Meski begitu kamu tetap bisa mengubah script gamenya dengan bahasa pemrograman yang mudah dipahami. Moto versi gratisnya kamu bisa mempublikasikan game tersebut ke versi Windows saja. Sedangkan untuk versi berbayar kamu bisa export Android, iOS, HTML5, dan masih banyak lagi.

4. Godot Game Engine

Godot game engine adalah sebuah open source game engine yang mendukung game 2D maupun 3D. Untuk game 2D software pembuat game ini menawarkan performa yang lebih baik, lebih sedikit bug, dan alur kerja yang bersih. Godot menggunakan sistem Drag and drop pada saat pembuatan. Namun pengguna bisa meluaskan perintah tersebut dengan menambahkan sebuah script berbahasa python yang biasa dikenal dengan GDScript.

5. Unreal Engine 4

Unreal Engine 4 merupakan software pembuatan game yang bukan ditujukan bagi pemula. Untuk kamu yang baru mencoba unreal engine 4 tidak perlu khawatir. Terdapat ribuan video tutorial unreal engine 4 yang bisa kamu lihat di YouTube Jika kamu merasa bingung. Selain untuk membuat game, unreal engine juga bisa digunakan untuk membuat virtual reality, edukasi, arsitektur dan film.