10 Komponen Penentu Peringkat Google SEO


Ketika kita berbicara tentag peringkat di mesin pencari, pertanyaan yang sering mucul adalah bagaimana memperoleh peringkat yang baik di Google SEO. Oleh karena itu sering kita mencari faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hal tersebut terjadi. Kemudian akan mucul istilah Rangking Factors.

Rangking Factors adalah kumpulan komponen yang akan menentukan peringkat situs web kamu dalam hasil pencarian di Google Search. Ketika kita melakukan riset tentang komponen penentu sebuah peringkat di Google SEO, kita akan menemukan artikel yang membahas tentang 200 Rangking Factors.

Dalam artikel tersebut terdapat banyak sekali factor yang mempengaruhi peringkat dari sebuah SEO. Tetapi tidak dapat dipungkiri kita tidak meyakini bahwa semuanya benar – benar valid. Ada beberapa factor yang berasal dari asumsi sebuah penelitian secara mandiri. Kita tidak dapat mengetahui dengan pasti bagaimana algoritma Google SEO yang sebenarnya.

Tetapi ada beberapa hal yang persis terlihat dan dapat kita kembangkan untuk memperoleh peringkat tersebut. Google sangat rasional untuk menentukan sebuah peringkat. Hal tersebut adalah kualitas. Sama halnya ketika Anda dapat membedakan mana Restoran yang baik dan mana yang buruk, yang mana pada dasarnya menggunakan aspek kualitas untuk membedakannya.

Gunakan konsep yang sama pada situs kamu. Tulislah konten yang baik, berikan navigasi yang jelas, tampilkan iklan dengan tidak mengganggu, hingga bangun situs yang cepat. Dan berikut komponen penentu dari sebuah peringkat SEO.

1. Kualitas Konten

Ini merupakan komponen atau faktor yang paling signifikan. Google sendiri memberikan panduan untuk menjelaskan yang di maksut dengan konten yang berkualitas.

Kualitas konten yang baik, juga perlu di dukung dengan strategi peningkatan traffic yang baik. Bagi Anda yang ingin melakukan pendekatan secara interpersonal dan eksklusif, biasanya Anda akan disarankan menggunakan strategi Email Marketing. Dimana Anda juga perlu mempelajari copywriting yang efektif untuk mengarahkan traffic ke artikel – artikel yang telah anda buat.

2. Tautan

Mendapatkan tautan dari situs dengan reputasi baik akan sangat membantu situs milikmu. Ini juga merupakan salah satu fondasi dasar dari Google Search. Sebaliknya, mendapatkan banyak tautan dari situs berkualitas rendah akan membuat peringkat situs ikut jatuh, ini disebut dengan negative-SEO.

3. Penggunaan HTTPS

Situs yang menggunakan HTTPS akan mempunyai performa peringkat yang lebih baik ketimbang situs HTTP.

4. Kecepatan situs

Situs yang cepat akan mempunyai performa ranking yang lebih baik. Banyak sekali pihak ketiga yang menyediakan layanan menganalisa kecepatan dari sebuah website dan memberikan saran untuk mengoptimalkannya. Seperti contohnya GTmatrix Ada juga dari produk Google sendiri yakni PageSpeed Insights.

5. Situs mobile-friendly

Situs yang dapat dimuat lewat smartphone dengan nyaman dan cepat akan membantu, terutama jika pencariannya dilakukan lewat smartphone juga.

6. Penggunaan layout

Layout yang menyulitkan pembaca akan mempengaruhi peringkat. Jika pengunjung membuka situs lalu perlu melakukan banyak scroll, atau harus menutup iklan terlebih dahulu untuk membaca isinya, maka situs tersebut akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi.

7. Pembaharuan konten

Konten yang secara berkala mendapat pembaharuan isi akan sangat membantu. Contohnya artikel tentang kamera terbaik yang selalu diperbarui setiap tiga bulan atau setengah tahun sekali. Untuk konten yang bersifat breaking news, isinya dapat diperbarui tiap ada keterangan baru muncul.

Beberapa Rangking Factors di bawah ini tidak dipublikasikan secara luas, tapi berasal dari para karyawan Google lewat sesi tanya jawab atau sebuah event.

8. Over-optimization

Sebuah page atau situs yang terlalu banyak melakukan optimasi SEO, dengan tujuan mengakali algoritme Google Search, malah akan menerima peringkat lebih buruk.

9. Panjang konten

Konten yang terlalu pendek, atau biasa disebut thin content, akan mempunyai peringkat rendah. Panjang konten seharusnya sesuai dengan tujuan artikel tersebut. Penjelasan teori fisika kuantum yang hanya ditulis dalam tiga paragraf tak akan terlihat meyakinkan.

10. Penggunaan Keyword

Judul, URL, dan isi konten sebaiknya mengandung keyword utama. Usahakan keyword tersebut relevan dengan konten. Untuk sebuah artikel mengenai panduan cara memberi makan kucing, hindari penggunaan judul yang tidak relevan (contoh: Miawww Aku Lapar). Ini mungkin terdengar unik, lucu, dan menarik. Namun, di saat yang sama, kurang menggambarkan apa yang akan didapatkan para pengguna. Sebaliknya, penggunaan keyword yang terlalu banyak akan dianggap sebagai pelanggaran oleh Google. Situs kamu bisa menerima penalti berupa penurunan peringkat.

Demikian tadi beberapa komponen yang mempengaruhi rangking dari Google SEO. Banyak dari kita kadang sudah cukup percaya diri menganggap konten yang kita buat adalah konten yang berkualitas, tetapi tetap saja kita kurang puas dengan peringkat dari SEO kita.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Digital Agency yang menyediakan layanan untuk peningkatan rangking dari konten – konten berkualitas yang Anda miliki. inditek.id sebagai salah satu penyedia jasa layanan SEO yang professional  memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin meningkatkan peringkat bahkan membuat konten – konten yang berkualitas. Dengan demikian target traffic Anda akan mudah terpenuhi dan membuat bisnis Anda semakin berkembang.