Apa Itu Web Developer ?

Web Developer adalah seorang programmer yang membuat program dan aplikasi berbasis website. Seorang web developer tahu bagaimana cara membuat website dari nol, membuat kode custom jika memang Anda membutuhkan fitur khusus di website Anda, mengembangkan semua mulai dari layout website sampai fitur dan fungsi websitenya.

Mungkin secara simpelnya, web developer bisa dibilang sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola website. Tetapi kalau Anda bahas lebih dalam lagi tentang developer, Anda akan tahu bahwa pekerjaan web developer ini bisa dibilang luas. Kedua istilah yang mungkin akan Anda banyak temukan saat melihat-lihat pekerjaan developer adalah back-end developer dan front-end developer. Apa ya bedanya?

Web Developer dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Front – End Developers, Back – End Developers, dan Full – Stack Developers. Baca juga Apa Itu Front End, Back End, dan Full Stack Developers.

 

Tugas – Tugas Web Developer

  1. Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menentukan persyaratan teknis
  2. Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
  3. Melakukan atau update situs web langsung
  4. Back-up file dari situs web untuk direktori lokal untuk pemulihan instan dalam kasus masalah
  5. Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh umpan balik pengujian atau pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau merujuk pada personalia yang tepat untuk koreksi.
  6. Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu adalah sah, benar terstruktur, memenuhi standar industri dan kompatibel dengan browser, perangkat, atau sistem operasi.
  7. Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
  8. Menjaga pemahaman teknologi web saat ini atau praktek pemrograman melalui melanjutkan pendidikan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
  9. Mengembangkan atau memvalidasi tes routine dan jadwal untuk memastikan bahwa uji kasus meniru antarmuka eksternal dan alamat semua jenis browser dan perangkat.
  10. Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan untuk memprioritaskan kebutuhan, Menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria konten, atau memilih solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *