Pengertian RAM

RAM adalah alat yang berfungsi mempercepat pemerosesan data, semakin besar RAM yang dimiliki maka dapat dipastikan semakin cepat pula kinerja pada komputer. RAM mampu menambah dan menopang performa sebuah perangkat, pasalnya perangkat ini telah otomatis menyediakan ruang penyimpanan sementara.

Bentuk Ram itu sendiri menyerupai sebuah chip atau sebuah perangkat alat elektronik, biasanya untuk memasang Ram yaitu ditancapkan kedalam slot khusus. Dahulu ukuran spesifikasi Ram sangat kecil, namun sekarang ukurannya sudah cukup berfariasi dan beragam.

 

Jenis – Jenis RAM

  • RAM (Dynamic RAM) adalah suatu jenis dari RAM yang secara berkala harus disegarkan CPU (Central Processing Unit) agar data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.
  • SDRAM adalah singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Acces Memory” jenis dari RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM, akan tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.
  • DDR RAM kependekan dari “Double Rate Random Access Memory”, DDR RAM sering disebut juga dengan DDR. Jenis memory ini adalah teknologi terusan dari SDRAM. Kelanjutan DDR adalah DDR2 (Double Rate Generation 2 RAM), DDR3 (Double Rate Generation 3 RAM), dan juga DDR4 (Double Rate Generation 4 RAM).
  • RDRAM adalah “Rambus Dynamic Access Memory”, jenis memory yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa dipakai pada sistem yang bisa dipakai pada sistem yang menggunakan Pentium 4 (IV).
  • EDORAM berasal dari kata “Extended Data Out Random Access Memory”, yaitu jenis dari memori yang dipergunakan pada sistem yang telah menggunakan Pentium. EDORAM dapat menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya menjadi lebih cepat.

 

Sejarah RAM dari awal sampa sekarang

DDR

Setelah generasi tersebut hadirlah Double Data Rate SDRAM yang kita kenal dengan DDR. Kecepatan memori ini naik dua kali lipat dibanding pendahulunya. Memori DDR banyak digunakan di Intel Pentium 4 dan AMD Athlon.

Supaya laku di pasaran, manufaktur punya strategi dengan penamaan seri yang dua kali lipat dari kecepatan aslinya. Jadi jika kamu membeli DDR-200 maka kecepatan RAM-nya sebenarnya adalah 100MHz, DDR-226 berkecepatan 133MHz, DDR-333 berkecepatan 166MHz, dan seterusnya.

DDR2

Semenjak dirilis RAM ini memikat banyak orang yang membutuhkan kecepatan RAM lebih besar. DDR2 adalah standar untuk kebanyakan chipset yang memakai Pentium 4 Prescott serta Intel Core dan AMD Athlon 64. Tipe yang dijual DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Semua tipe itu menggunakan penghitungan kecepatan yang sama dengan DDR yang sudah disebut di atas.

DDR3

DDR 3 keluar pada 2007 dan diklaim kecepatannya meningkat sedangkan pemakaian energinya turun. Namun, sayangnya performa yang didapat hanya lebih besar 2-5% dibandingkan DDR2. Tipe yang dijual DDR3-1066, DDR3-1333, DDR3-1600, DDR3-1800 and DDR3-2000.

DDR4

DDR4 dirilis pada 2014. Memori ini menggunakan voltase yang lebih rendah daripada pendahulunya namun kecepatan memorinya jauh lebih besar. Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 2133MHz hingga 3200MHz. Chip DDR4 memiliki kerapatan lebih besar, bisa mencapai 16GB atau 2GB per chip. Beberapa model memorinya bisa mencapai 16GB-64GB per module untuk kelas komputer server.

DDR5

Untuk saat ini kita hanya bisa merasakan performa DDR4, namun DDR5 dipastikan akan hadir pada 2018 mendatang. Sampai saat ini belum ada yang tahu pasti bagaimana performanya, namun di jagat internet sudah ramai spekulasi yang menyebutkan beberapa kehebatan RAM generasi terbaru ini. Berikut beberapa keunggulan dari RAM DDR5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *