Apa Itu CSS ?

CSS adalah kependekan dari Cascading Stlye Sheet. Yaitu bahasa yang digunakan untuk memberi sentuhan gaya atau corak tampilan (style) pada sebuah halaman HTML. Dengan CSS kita bisa merubah tampilan (front end) sebuah halaman web sehingga menjadi lebih indah dan menarik. Tanpa CSS, tampilan web akan terlihat tidak enak dilihat dan membosankan.

Baca juga Apa Itu HTML ?

CSS dikembangkan oleh komunitas internasional yang disebut World Wide Web Consortium (W3C), yang merupakan komunitas seluruh dunia yang bergabung untuk berkontribusi memberi masukan, menulis dan mengembangan spesifikasi dari CSS untuk mendefinisikan standar bahasa CSS yang akan digunakan oleh semua orang, juga agar vendor yang mengembangkan aplikasi web browser dapat mengimplementasikannya. Spesifikasi CSS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996. hingga saat ini. CSS telah mendukung banyak bahasa markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).

 

Apa Fungsi dari CSS ?

Kode CSS digunakan untuk memperindah atau mempercantik tampilan sebuah halaman HTML. Seperti, memberi warna pada tulisan, menambahkan border, mengubah font sebuah tulisan, menentukan ukuran tulisan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan dengan desain sebuah website

 

Apa itu CSS3 ?

CSS3 adalah versi CSS terbaru yang masih dikembangkan oleh W3C. Namun beberapa web browser sudah mendukung CSS3, CSS2 didukung seutuhnya oleh CSS3 dan tidak ada perubahan, sehingga ketika bermigrasi dari CSS 2 ke CSS 3, tidak perlu mengubah apapun.

 

Bagaimana Cara Menuliskan Kode CSS ?

Untuk latihan penggunaan CSS, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat file  dengan menggunakan Software kode editor seperti Notepad, lalu namai file dengan format .html . Lalu praktekkanlah cara-cara berikut ini. Ada 3 cara untuk menggunakan kode CSS di situs Anda.

  1. CSS sebagai atribut/elemen/bagian dar tag HTML menggunakan tag <style> </style>.
  2. CSS dalam tag <style= “font-family: sans-serif; padding”>.
  3. CSS sebagai file terpisah (eksternal).

Contoh Kode CSS

Berikut adalah contoh kode CSS yang dapat ditulis dalam element <style> … </style> ataupun file .css yang terpisah (eksternal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *