Apa itu Adobe Lightroom?

Lightroom adalah aplikasi perangkat lunak yang dibuat oleh Adobe yang memungkinkan para fotografer untuk mengelola gambar dan video  , serta memberikan cara yang elegan untuk mengedit serta  menciptakan nuansa  Photographs jadi indah dan juga  sedikit  hal dalam mengolah video.
Lightroom ada dan dibuat karena untuk memecahkan masalah yang sangat mendasar , yaitu   memberikan solusi pencitraan warna untuk Fotografer,  dengan mendukung alur kerja alami dari awal sampai akhir ,tentu saja dengan memberikan keanggunan dan kesederhanaan. 
Sisi lain dari pengolah photo ini adalah  mendukung semua jenis file  RAW , serta tidak merusak gambar dan menyediakan cara untuk menjadi kreatif dan  kemampuan untuk membuat gambar yang indah .
Lightroom dirancang dengan cara ini ,menjawab segala kebutuhan fotographer dan termasuk para videographer.

SEJARAH ADOBE LIGHTROOM :

Pada tahun 1999, pengembang Photoshop veteran Mark Hamburg memulai proyek baru, dengan nama kode Shadowland. Hamburg dihubungi Andrei Herasimchuk, mantan desainer antarmuka untuk Adobe Creative Suite, untuk mendapatkan proyek dari tanah. Proyek baru adalah keberangkatan yang disengaja dari banyak konvensi didirikan Adobe. 40% dari Photoshop Lightroom ditulis menggunakan bahasa scripting Lua. Setelah beberapa tahun penelitian oleh Hamburg, Herasimchuk, Sandy Alves, mantan desainer antarmuka di tim Photoshop, dan Grace Kim, seorang peneliti produk di Adobe, proyek Shadowland mendapat momentum sekitar tahun 2004. Namun, Herasimchuk memilih untuk meninggalkan Adobe Systems di waktu itu untuk memulai sebuah perusahaan desain Silicon Valley. Hamburg kemudian memilih Phil Clevenger, mantan rekan Kai Krause, untuk menciptakan tampilan baru untuk aplikasi.

Photoshop Lightroom bakat rekayasa sebagian besar didasarkan di Minnesota, yang terdiri dari tim yang telah menciptakan program Adobe ImageReady. Troy Gaul, Melissa Gaul, dan kru mereka (dilaporkan dikenal sebagai “Minnesota Phats”), bersama dengan Hamburg, mengembangkan arsitektur balik aplikasi. George Jardine, seorang fotografer yang terampil dan sebelum Adobe penginjil, bulat tim awal, mengisi peran Product Manager.

 

Fungsi Adobe Lightroom :

1. Melakukan Batch Editing : Adobe Photoshop didesain untuk bisa melakukan fungsi pengeditan massal foto (batch editing) dengan fitur yang disediakannya. Sehingga hal ini memudahkan Kita untuk bisa melakukan proses pengeditan terhadap banyak foto dengan hanya dengan sekali klik, dengan syarat bahwa komposisi dan variasi efek yang akan diterapkan memnang general, artinya menyeluruh untuk semua foto yang akan diproses. Hal ini dimungkinkan pada penggunaan Adobe Lightroom yang mana tidak tersedia secara optiml di adobe photoshop.

2. Tetheered Shooting (Penggambilan gambar Live) : Dengan menggunakan Adobe lightroom, kita bisa dengan mudah melakukan proses pengambikan foto dan mentransfer hasilnya ke Komputer untuk dilakukan proses editing, tentunya hal ini dilakukan dengan bantuan sebuah kabel data USB yang berfungsi untuk koneksi antara device Kamera dengan PC yang akan dilakukan pengeditan Photo. Hal ini tentunya merupakan sebuah manfaat yang efisien dan efektif dimana dengan tersambungnya kamera langsung ke PC, pengambilan foto yang dilakukan bisa ditransfer langsung untuk kemudian diolah di aplikasi adobe lightroom.

3. Aplikasi manajemen Foto : Salah satu Fungsi Photoshop Lightroom adalah melakukan manajemen foto, dengan adobe lightroom Kita bisa melakukan proses editing foto, memindahkan, menyalin, menempel, menghapus, mentagging, indexing dan mengorganisir semua foto koleksi Kita yang ada di PC langsung dari aplikasi Adobe lightroom. Jadi dapat dikatakan bahwa adobe lightroom merupakan sebuah aplikasi editing photo merangkap fitur seperti sebuah aplikasi file manage umumnya yang ada  di sistem operasi Windows.

4. Pengeditan foto beresolusi tinggi : Adobe lightroom didesain untuk melakukan pengeditan file RAW beresolusi tinggi. Karena itu file RAW berukuran besar yang umumnya berat untuk dibuka dengan aplikasi editing poto, adobe lightroom mampu membukanya dengan baik. Hal ini menjadi salah satu manfaat adobe lightroom dimana ia bisa digunakan untuk menangani file RAW beresolusi tinggi dan umumnya memiliki ukuran kapasitas file yang cukup besar.

5. Membuat Galeri Photo : Selain memikiki manfaat untuk editing photo, adobe lightroom juga bermanfat untuk membuat galeri photo online melalui fitur yang disediakan diaplikasinya. Kita tinggal menyesuaikan folder atau photo mana saja yang akan dijadikan album web online, dan adobe lightroom yang akan melakukannya untuk Kita.

6. Membersihkan objek foto : Foto yang dihasilkan lewat kamera perlu dilakukukan pembersihan dengan spot removal dan adjustment brush. Kedua komposisi tool tersebut tersedia dengan baikndi adobe lightroom untuk dioptimalkan penggunaanya pada pengeditan foto yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *