7 Programmer Wanita yang Terkenal di Dunia


  1. Leah Culver

Bro bro! ini ni programmer wanita yang akan kita bahas duluan. Namanya Leah Culver,wanita yang sekarang menginjak usia kurang lebih 31 tahun ini merupakan lulusan dari University of Minnesota dengan jurusan ilmu komputer pada tahun 2006 lalu. Programmer wanita yang masih cukup cantik di usianya tersebut ternyata cukup berpengaruh dan pernah masuk di dalam daftar Most Influential Women in Web 2.0 dari majalah teknologi Fast Company.

  1. Corine Yu

The second ladies ini adalah wanita berdarah China, dia begitu menyukai dunia gaming, bukan karena hobi memainkannya tapi karena dia adalah “pembuat aplikasi game” (keren banget). Yu begitu sapaannya, ternyata adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Technical Leaddi Microsoft Game Studios. Dia juga termasuk pendiri Microsoft’s Direct 3D Advisory Board.

Bukan hanya itu, Yu juga adalah seorang Principal Engine Architecht di Halo, yang merupakan salah satu video game paling populer di Xbox. Dia terlibat dalam pengembangan fitur baru di game Halo versi terbarunya. Pada tahun 2010, dia termasuk dalam daftar 10 wanita paling berpengaruh di dunia game dalam media teknologi Kotaku. Begitulah paparan tentang Yu berdasarkan referensi yang saya ambil.

  1. Sara Haider

Ladies berikutnya ini bernama Sara Haider. Programmer wanita berkebangsaan Kanada ini lulus dari University of Waterloo dengan jurusan Software Engineering and Cognitive Science. Wanita nan cantik ini juga merupakan wanita berdarah pakistan, yang ternyata pernah bekerja di situs jejaringan sosial berlambangkan burung yang biasa kita kenal dengan sebutan twitter yaitu di bagian pengembangan software. Dan kemudian Sara diberikan tanggungjawab oleh twitter dalam pengembangan aplikasi Twitter for Android.

Dari sekilas beberapa perannya tersebut, tidak dipungkiri bahwa wanita ini sangat-sangat benar bila kita sebut sebagai programmer wanita yang paling berpengaruh di dunia IT, karena twitter yang hampir seluruh dunia menggunakannya mempercayakan Sara sebagai salah satu pengembang aplikasinya. Wow!! udah cantik programmer pula, mana tahaaaan. Hahaha.

 

  1. Jade Raymond

Ada yang pernah mendengar game Assasin’s Creed? Pastinya pernah lah walaupun mungkin belum tentu pernah memainkannya (kalau saya sih udah pernah mainin-pamer). Game yang begitu seru dan menegangkan dalam setiap petualangannya ternyata pembuat dan pemiliknya adalah seorang wanita guysgile gat tuh hihihi. Jade Raymond itulah nama wanita tersebut. Dia kabarnya adalah wanita blasteran Australia, China, dan Kanada (kok ga ada Indonesianya yaaa) walaupun asalnya dari kanada. Dan ternyata, Jade ini adalah Managing Director di perusahaan gametenar Ubisoft.

Wanita ini juga menjadi produser gameyang populer semacam The Sims Onlinesampai yang saya tadi katakan di awal yaitu Assasin’s Creed. Konon katanya, karena dia selalu tampil begitu menawan dan itu menjadikannya memiliki banyak fans. Jade adalah lulusan McGill University jurusan ilmu komputer. Owh iya sebelum ke Ubisoft dia juga pernah bekerja di Sony lho.

  1. Sara Chipps

Nah ini wanita yang pada mukodimah telah disebutkan yaitu Sara Chipps, Dia sangat menyayangkan kenapa para wanita di dunia ini sangat sedikit sekali yang berminat untuk berkecimpung di dunia IT yaitu hanya 9% menurutnya.

Berdasarkan sumber, dia adalah wanita yang paling ingin sekali menggerakan para hati wanita untuk menggeluti dunia teknologi. Tidak main-main dengan keinginannya itu, Sara pun mendirikan sebuah perusahaan dan websitenya yang bernama Girl Develop It yang bertujuan untuk mendorong dan memberi ilmu pada wanita untuk berkecimpung di dunia pemrograman. Haduh…haduh ambisi sekali ternyata, tapi bagus ya usahanya…hehehe…

  1. Amanda Uiksted

Ada yang ga kenal game FarmVille?? Waktu saya kuliah dulu pernah mainin game ini dan ini seru banget, terutama bagi anak seorang petani tulen seperti saya (malah curhat). Amanda senyummu yang manis sekali itu membuat aku klepek-klepek (lho eh malah ngegombal, lanjutkan!). Oke di lajeng, ternyata pendiri sekaligus manager club game FarmVille tersebut adalah si Amanda Uiksted ini, oh my God wanita yang membuat gamenya kalah aku mak.

Amanda lebih banyak berkecimpung di aplikasi mobile. Pekerjaan Amanda ini adalah sebagai seorang konsultan dan manajer di beberapa perusahaan besar dalam bidang komputer.

  1. Tracy Chu

Wew, awas mba ular, nanti ngegigit lho, kan bisa atit! (yaaaaaaaaah – gariiiiiing hahaha). Ini wanita terakhir yang akan kita bahas yaitu Tracy Chu. Dia adalah programmer wanita pecinta ular (Ular apa nih..hihihi), prestasinya juga tidak kalah dari programmerprogrammer wanita sebelumnya.

Tracy sudah lama bergelut di dunia pemrograman, terutama yang berhubungan dengan dunia maya (baca Internet) dan juga media social. Tracy juga berkontribusi besar dalam pengembangan Google, facebook dan Quora. Dia juga bekerja di Pinterest sebagai seorang programmer.

Tracy ini adalah programmer wanita lulusan jurusan teknik elektro dan juga mengambil gelar master jurusan ilmu komputer di Stanford university. Pas banget sih dengan background lulusannya, jadi tidak diherankan lagi kalau tracy ini adalah seorang programmer handal.

Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *