Terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang ada dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang ada tentu ada beberapa bahasa pemrograman yang paling diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut hasilnya :

 

  1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang terkenal, banyak digunakan untuk membangun program, dirilis pertama kali pada tahun 1995 oleh Sun Microsystems. Java dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan oleh The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

 

Meskipun popularitas Java cenderung menurun dengan sekitar 6000 lowongan pekerjaan pada tahun 2018 dibandingkan tahun 2017, namun Java masih terbilang cukup populer. Java berusia lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh jutaan pengembang dan miliaran perangkat di seluruh dunia. Semua aplikasi Android berbasis Java dan 90 persen dari perusahaan 500 perusahaan top dunia menggunakan Java untuk pengembangan backend.

 

  1. Phyton

Popularitas Python terbilang semakin meningkat dilihat dari adanya 5000 lowongan pekerjaan di tahun 2017. Python adalah bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk pengembangan web dan sebagai bahasa pendukung untuk pengembangan perangkat lunak. Python juga banyak digunakan dalam komputasi ilmiah, penambangan data, dan pengembangan perangkat lunak.

 

  1. JavaScript

JavaScript digunakan oleh lebih dari 80% pengembang dan oleh 95% dari semua situs web untuk logika dinamis apa pun di halaman mereka. Beberapa kerangka kerja front – end untuk JavaScript seperti React dan Angular JS memiliki potensi masa depan yang besar karena IoT dan perangkat seluler sekarang semakin populer.

 

  1. ­C++

C++ biasanya digunakan untuk perangkat lunak sistem /  aplikasi client – server dan firmware yang tertanam. Bahasa C++ merupakan salah satu bahasa yang mirip dengan bahasa Java. Banyak programmer berpendapat bahwa C++ lebih kompleks untuk dipelajari dan digunakan daripada bahasa seperti Phyton atau JavaScript, akan tetapi masih banyak digunakan di perusahaan besar.

 

  1. C#

C # adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dari Microsoft yang dirancang untuk berjalan di platform Microsoft .NET dan untuk membuat pengembangan lebih cepat dan lebih mudah daripada bahasa Microsoft sebelumnya. Sama seperti C ++, C# sangat banyak digunakan dalam pengembangan video game, jadi bagi kamu yang bercita-cita menjadi developer video game, alangkah baiknya untuk mempelajari keduanya.

 

  1. PHP

PHP merupakan bahasa scripting, yang digunakan untuk pengembangan sever. Banyak developer menggunakan PHP untuk pengembangan web, seperti menambahkan fungsi pada HTML atau berinteraksi dengan database MySQL.

 

  1. Perl

Meskipun lowongan pekerjaan atas permintaan keahlian Perl turun sekitar 3000 lowongan, namun Perl masih terbilang cukup populer dan akan terus menjadi populer untuk administrator sistem dan jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *