5 PELAJARAN DESAIN GRAFIS YANG WAJIB KAMU PELAJARI


Kalian mau sekolah jurusan desain grafis? Tertarik untuk mempelajarinya? Tapi masih bingung apa saja yang akan kamu pelajari dan dapatkan kalau masuk di jurusan tersebut? Nah, ada baiknya simak dulu artikel tentang hal-hal apa saja yang akan kalian temui jika belajar di jurusan desain.

1. Design Fundamentals

Dasar-dasar desain grafis, seperti elemen dan prinsip desain. Mempelajari elemen desain, seperti titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna menjadi materi pertama yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang prinsip desain  seperti keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme, penekanan (emphasis), proporsi, kontras, repitisi, dan unity (kesatuan). Mengapa seorang desainer grafis perlu mempelajari dasar-dasar dalam desain grafis? Tujuannya, agar mampu merancang suatu desain yang berkualitas, menarik dan berguna untuk memvisualisasikan ide atau memecahkan masalah tertentu.

2. Fotografi

Fotografi juga diperlukan dalam desain grafis. Di sini kamu akan belajar seputar pemahaman teknis fotografi sebagai medium komunikasi visual melalui praktik di lapangan. Kamu akan berlatih menggunakan teknik-teknik fotografi, montage, komposisi, dan pencahayaan.

3. Single Page Design

Sebagai entri awal dari Digital Publishing, kamu akan  mengeksplorasi prinsip-prinsip dasar desain (warna, bentuk, tipografi dan komposisi). Prinsip-prinsip dasar ini dipadukan dan diaplikasikan pada penciptaan berbagai tata letak desain suatu solusi desain. Kamu akan berlatih melalui tugas-tugas yang mencakup perancangan konsep dan komposisi layout sebagai solusi visual yang sesuai untuk target audiens.

 

4. Desktop Publishing

Di sini kamu akan mempelajari software aplikasi standar industri cetak digital. Fitur-fitur seperti master page, style sheet dan pewarnaan juga termasuk didalamnya. Kamu akan diajarkan menerapkan dasar-dasar komposisi dengan mendesain layout untuk halaman tunggal maupun jamak.

 

5.  Communication & Presentation

Komunikasi dan presentasi adalah salah satu hal penting yang sering dilupakan. Cara-cara penyampaian gagasan, pendapat, argumentasi dan buah pikiran lain dilatih secara efektif dan meyakinkan. Teknik penyampaian menjadi pokok perhatian, termasuk bahasa tubuh, vokal dan komunikasi yang efektif dengan pendengar.

Design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *