Pemasaran digital menjadi jawaban jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan traffic web atau ingin menarik banyak pelanggan. Tanpa strategi pemasaran digital yang tepat, Anda bisa tidak terlihat di antara persaingan bisnis digital yang sudah semakin ketat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami jenis atau teknik pemasaran digital sehingga pemasaran Anda bisa berjalan secara optimal. 

5 Jenis Pemasaran Digital

1. Optimasi Mesin Pencari ( SEO )

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan optimasi SEO untuk website yang Anda miliki. SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara yang dilakukan untuk mempengaruhi visibilitas website Anda di dalam mesin pencari. Salah satu caranya adalah mengoptimasi website, halaman, atau pun artikel di dalam web menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis Anda. SEO juga dapat meningkatkan traffic website karena dapat membuat web Anda muncul pada halaman pertama hasil di mesin pencari.

2. Pay Per Click ( PPC )

PPC merupakan jenis digital marketing dimana Anda harus membayar setiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna. PPC 
dapat memberikan hasil yang relatif cepat, karena iklan akan muncul di halaman pertama atau tertinggi di mesin pencari. Selain itu, PPC juga dapat membantu Anda untuk menargetkan iklan pada pengguna yang tepat. Iklan dapat Anda atur berdasarkan demographics, hobi, dan lain-lain sehingga dapat menjangkau target yang sesuai harapan Anda.

3. Email Marketing

Setelah Anda mendapatkan cukup banyak traffic atau kunjungan, Anda dapat menjaga hubungan dengan pelanggan menggunakan email marketing. Anda dapat mengirim email berupa info promo, produk baru, atau ucapan terimakasih karena telah menggunakan layanan Anda. Email marketing menjadi cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara personal sehingga dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap brand yang Anda miliki.

4. Content Marketing

Content marketing biasanya bersifat soft selling. Tujuan content marketing adalah untuk membuat pengunjung berinteraksi dengan membaca content yang Anda buat dan secara tidak langsung mempengaruhi pengunjung untuk menggunakan layanan yang Anda tawarkan. Dalam pembuatan content marketing, Anda juga dapat menggunakan teknik optimasi SEO yaitu dengan menggunakan keyword yang relevan serta banyak dicari oleh pengunjung di mesin pencari. Content marketing dengan isi yang berkualitas juga akan meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap bisnis Anda. 

5. Social Media Marketing

Social Media tidak hanya menjadi media pemasaran digital yang tepat, namun juga menjadi media untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Terdapat banyak platform social media yang dapat Anda gunakan, seperti Facebook, Youtube, atau pun Instagram. Pengguna social media saat ini sudah sangat banyak, sehingga menjadi media yang sesuai untuk menjangkau banyak pelanggan. Anda dapat memanfaatkan Facebook Ads, Instagram Ads, influencer di social media dan lain-lain untuk mengingkatkan penjualan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *