Sebagai manusia kita tidak bisa tidak menjadi orang visual. Apakah Anda melewati papan iklan, membolak-balik majalah, menonton TV, atau menjelajahi web. Kami melihat konten di mana-mana. Tetapi apakah Anda ingat semua itu? Apakah Anda ingat untuk apa iklan itu ketika menggulir halaman media sosial Anda?

Kemungkinannya adalah, jika tidak menarik perhatian Anda maka Anda mungkin tidak akan mengingatnya. Hal terbaik yang harus dilakukan untuk merek Anda adalah membuat konten yang tidak hanya menonjol tetapi juga mudah diingat. Dan cara terbaik untuk melakukan itu? Gunakan 10 kiat desain grafis media sosial kami.
Mari gali 10 kiat desain grafis kreatif ini untuk media sosial Anda sehingga kami dapat memastikan bahwa konten media sosial Anda tidak hanya terlibat tetapi terdiri dari semua elemen untuk menciptakan kesan yang abadi.

1.Temukan Tujuan Anda
Kiat desain grafis pertama dan terpenting saat membuat konten media sosial adalah Anda harus memiliki tujuan. Menyiapkan sasaran akan menjadi dasar dalam membuat desain Anda untuk konten media sosial Anda . Jadi mari kita cari tahu apa yang Anda coba lakukan dan kemudian mari kita buat cerita dari itu.

Memiliki tujuan tidak hanya akan membantu desain Anda untuk konten media sosial tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan Anda secara visual. Mulailah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri Anda sendiri:

Apa tujuan saya untuk posting ini?
Apakah saya mencoba mendorong penjualan?
Apakah saya ingin meningkatkan lalu lintas ke situs web saya?
Apakah saya mencoba meningkatkan keterlibatan di halaman saya?
Sambil menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini, ingatlah target audiens Anda. Pastikan Anda tahu siapa audiens Anda. Teliti pesaing Anda dan target audiens ideal Anda. Di bawah ini adalah beberapa poin penelitian untuk dipertimbangkan ketika menargetkan audiens Anda:

Siapa mereka?
Platform mana yang mereka gunakan?
Apakah mereka pengguna desktop atau pengguna ponsel?
Pesan apa yang ingin saya sampaikan?
Bagaimana saya ingin pemirsa saya merasakan dan apa yang saya ingin mereka lakukan tentang itu?
Apa yang mereka sukai / siapa yang mereka ikuti?
Di mana mereka nongkrong?
Setelah Anda mengetahui audiens Anda, siapa yang Anda ingin targetkan dan tujuan dari posting Anda, Anda akan memiliki tujuan Anda. “MENGAPA” Anda untuk membuat grafik media sosial Anda adalah langkah pertama dan paling penting dalam seluruh proses ini. Semuanya setelah ini akan dipilih untuk mencerminkan tujuan ini.

Juga bagus untuk dicatat bahwa meskipun sasaran itu penting, terlalu banyak sasaran dapat menyebabkan grafik yang sibuk. Terlalu banyak teks, gambar atau font dapat langsung membuat audiens Anda mati. Jadi sekarang kita memiliki pertama dari tips desain grafis, mari kita beralih ke warna.

2.Warna

warna desain grafis

Warna adalah salah satu aspek terpenting dari setiap desain. Ini membantu untuk mengatur suasana hati, menciptakan suasana, dan bahkan dapat memanggil memori. Dengan setiap warna memiliki makna dan psikologi di belakangnya, menemukan skema warna yang menyampaikan emosi yang Anda inginkan agar audiens atau merek Anda kaitkan dengannya, akan membantu membangun konsistensi.

Jadi untuk apa brand Anda? Apakah itu menyenangkan, mapan, dapat dipercaya, dll.? Anda ingin memilih warna yang mencerminkan apa merek Anda dan Anda dapat melakukannya dengan memulai dengan dua hingga tiga warna utama. Menemukan tema warna Anda sangat penting untuk keberhasilan suatu desain. Ingat tujuan yang baru saja Anda temukan? Mengetahui dengan baik itu akan berguna ketika menggunakan warna dalam konten media sosial Anda karena ini akan memandu audiens Anda melalui cerita .

Warna juga penting untuk menciptakan kontras dan keseimbangan dalam grafik media sosial Anda. Sadarilah bagaimana warna atau pasangan tertentu memengaruhi persepsi seseorang. Menjauhi kombinasi warna yang tidak nyaman untuk dilihat akan membantu merek Anda dalam jangka panjang. Ketika warna tidak cukup kontras mereka tampak berdarah satu sama lain atau ketika terlalu banyak kontras mereka dapat menyebabkan getaran visual. Saya telah memberi Anda contoh di bawah ini.

kiat desain grafiskiat desain grafis

Lihatlah visual di sebelah kiri, apakah Anda melihat bagaimana warna hijau sulit dibaca terhadap warna ungu? Itu adalah contoh warna yang berdarah satu sama lain. Sekarang dapatkah Anda melihat bagaimana warna oranye melawan biru sedikit memengaruhi mata Anda? Ini yang saya maksud dengan warna yang terlalu kontras (yaitu dua warna cerah) yang menyebabkan getaran visual.

Setelah Anda memilih skema warna, pastikan Anda menggunakan warna yang sama di seluruh posting Anda. Tuliskan kode hex sehingga Anda memiliki warna yang tepat. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah membuat postingan Anda tertutup atau dua warna (kecuali disengaja yaitu monokromatik). Anda dapat menemukan warna yang tepat dari sebuah gambar menggunakan alat color picker, yang akan memberi Anda kode enam digit yang mengidentifikasi warna yang tepat pada roda warna.

Warna memainkan peran utama dalam hasil akhir dari desain grafis media sosial Anda secara keseluruhan. Seperti disebutkan sebelumnya warna mempengaruhi psikologi, emosi, dan reaksi seseorang terhadap suatu desain. Jadi penting untuk memilih jenis skema warna yang tepat yang akan menciptakan reaksi yang tepat dari audiens Anda.

Tip Bonus !: Karena desain media sosial Anda hanya akan ditampilkan di layar, pastikan warna selalu diatur ke RGB, tidak ada warna CMYK!

3.Teks

teks desain grafis

Jangan dikelirukan dengan tipografi (yang akan kita bahas selanjutnya). Teks adalah urutan kata sedangkan tipografi adalah komponen visual dari kata yang ditulis. Sekarang kita sudah menjelaskannya, mari kita masuki mengapa teks itu penting.

Sebagai pemilik, kami tahu bahwa merek ini seperti bayi Anda. Anda ingin memamerkannya dan memberi tahu semua orang tentang hal itu. Anda bahkan mungkin merasa seolah-olah Anda harus menggunakan setiap kata yang Anda bisa untuk menjelaskan merek Anda dan mengapa begitu hebat. Namun, saat membuat desain grafis media sosial Anda ingin menyimpang dari gambar yang berlebihan .

Kami tahu kata-kata yang kuat dan beberapa kiat desain grafis yang baik untuk diingat adalah bahwa terlalu banyak kata pada gambar dapat tampak sibuk bagi pemirsa potensial Anda (Lihat di bawah). Hal terakhir yang Anda inginkan adalah agar audiens merasa kewalahan. Apakah Anda membuat grafik untuk Instagram atau Facebook, coba batasi teks Anda ke satu atau dua garis.

kiat desain grafis

Inti dari grafik media sosial adalah menyampaikan pesan Anda sesederhana mungkin. Salah satu tip desain grafis terbaik yang terlewatkan adalah memastikan teks Anda mudah dibaca.

Kemungkinan besar sebagian besar konten Anda akan dikonsumsi di perangkat seluler. Ingatlah hal itu saat memilih ukuran font Anda. Keterbacaan teks sangat tergantung pada warna serta ukurannya. Kembali ke warna, Bagus menggunakan font berwarna terang dengan latar belakang gelap dan sebaliknya. Sebaiknya gunakan kontras untuk membuat teks menonjol tetapi kita akan membahasnya nanti.

4.Tipografi

tipografi

Sudah jelas bahwa tipografi adalah seni itu sendiri. Memilih font yang sempurna agar selaras dengan gambar bisa menjadi sulit, tetapi ketika dilakukan dengan benar dapat membawa grafik Anda untuk hidup! Seperti palet warna Anda, memilih huruf harus mencerminkan kepribadian merek Anda. Jangan berlebihan – Anda hanya membutuhkan dua hingga tiga font maks. Lebih dari itu dan audiens Anda mungkin terganggu dan pesan Anda akan hilang. Dan mereka tidak akan memiliki font untuk mengingat Anda. Anda ingin pelanggan Anda dapat melihat grafik dan tahu itu milik Anda bahkan jika logo Anda tidak ada di dalamnya.

Ketika memilih font Anda, Anda ingin memastikan bahwa itu memproyeksikan pesan Anda dan mencerminkan merek Anda. Font Anda berdampak pada bagaimana desain Anda ditafsirkan dan pesan yang dikirimkan merek Anda. Mirip dengan warna, tipografi dapat memproyeksikan suasana hati dan emosi dan kadang-kadang bahkan lebih kuat daripada salinannya. Jadi pilihlah dengan bijak ketika memilih huruf, itu akan menyampaikan nada Anda.

Beberapa kiat desain grafis yang perlu diingat saat menggunakan font:

Font serif paling baik untuk dicetak
Sans-serif bertaruh untuk web
Batasi desain Anda hingga maksimal 3 font
Ketika memutuskan lebih dari satu huruf, pasangan font dengan kontras tinggi. Font akan menyeimbangkan satu sama lain sambil tetap menciptakan tambahan “POP”! Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak font karena mata sulit memindai beberapa font. Sebagai gantinya, gunakan font yang memiliki pilihan versi, seperti italic, bold, condensed, ect.

Sebuah kontras font sederhana yang dapat Anda sertakan adalah font yang serif dan yang lain yang tidak. Gambar di bawah ini menunjukkan font yang sama dalam versi yang berbeda.

Mengatur font agar teks terbaca dan lebih menarik sangat penting saat membuat konten media sosial. Apakah Anda memilih font sans-serif atau serif, pastikan bahwa audiens Anda pada akhirnya dapat membaca pesan Anda.

EBuku Gratis: 2x Konversi dengan Pemasaran Konten

Enter your email address
Unduh sekarang

5.Kontras yang bagus

desain grafis untuk media sosial

Jika Anda belum mendengarnya sekarang, ruang negatif (juga disebut sebagai ruang putih) adalah cara yang bagus untuk membuat gambar Anda menonjol. Kontras menarik mata dan dapat diterapkan dengan font, warna, keselarasan, ukuran dan banyak lagi.

Bagaimana Anda bisa membedakan gambar? Cara sederhana untuk menerapkan kontras ke desain grafis Anda adalah melalui penggunaan warna.

Sebagai contoh, saya menggunakan logo putih dengan warna gelap kontras yang membuat konten dapat dibaca dan menarik secara visual. Keseimbangan yang tepat dapat membawa konten desain grafis media sosial apa pun ke kehidupan!

kiat desain grafis terbaik

Teks juga merupakan bagian penting dari kontras. Memilih ukuran teks yang kontras dengan baik, seperti yang disebutkan di atas, akan membantu membuat grafik Anda muncul. Membuat desain mengalir dengan kata-kata di sekitarnya dengan ruang putih akan memungkinkan elemen untuk bernapas. Penggunaan ruang di sekitar teks, bentuk, dan elemen lain akan membuat desain Anda lebih mudah dibaca dan juga menarik lebih banyak perhatian daripada desain yang berantakan.

Aturan praktis yang baik adalah jika Anda memiliki latar belakang berwarna terang maka Anda harus menggunakan font yang gelap (dan sebaliknya).

6. Identitas Visual – Sertakan branding Anda ke dalam desain

bagaimana melakukan desain grafis

Jadi sekarang Anda memiliki dasar-dasar desain grafis untuk media sosial, kami dapat memusatkan perhatian kami pada identitas merek dan bagaimana memadukan branding untuk meningkatkan kisah Anda.

Rata-rata Dibutuhkan sekitar tujuh kali melihat atau mendengar merek Anda bagi seseorang untuk mengenalinya. Ini berarti bahwa konsistensi dan pengulangan elemen merek seperti logo, warna dan font, sangat penting.

Pastikan untuk menyertakan logo Anda di setiap gambar tetapi ingatlah apa yang telah kami pelajari sejauh ini. Sangat bagus untuk menyertakan logo Anda di foto Anda karena Anda ingin orang-orang mengasosiasikannya dengan merek Anda tetapi membuatnya setengah ukuran gambar atau lebih akan menjadi terlalu berantakan.

Inti dari pembuatan desain grafis untuk konten media sosial Anda tidak hanya untuk menceritakan sebuah kisah tetapi untuk menarik audiens dan kemudian mengarahkan mereka ke situs web Anda. Jadi jika grafik Anda tidak memiliki branding, seluruh upaya menjadi tidak efektif. Tidak harus besar dan tebal, cukup untuk membuat orang tahu dari mana asalnya.

7. Konsistensi

desain grafis profesional

Blok bangunan inti dari merek Anda akan menjadi konsistensi. Jika konten media sosial Anda terlihat dan terasa terhubung, audiens Anda akan membentuk pemahaman yang jelas tentang merek Anda dan pesannya. Namun, jika konten Anda tampak sporadis dan acak, pemirsa mungkin merasa bingung dan tidak memahami merek Anda atau pesannya.

Setelah menetapkan tujuan Anda sejak awal ini akan membantu merek Anda bekerja menuju tampilan yang konsisten. Memberi pengikut Anda peluang untuk mengenali Anda dengan cepat di umpan mereka. Pastikan semua konten Anda yang Anda buat konsisten dengan merek Anda. Selalu mengeposkan konten dengan gaya yang sama terkadang dapat menantang, tetapi mampu menetapkan identitas merek yang kuat akan membuatnya berharga.

Ketika mengikuti konsistensi memastikan bahwa semua desain Anda kohesif di semua platform. Unsur-unsur yang konsisten ini akan mengikat setiap pos bersama dan membuat merek Anda mudah dikenali!

Cara mudah untuk menjaga konsistensi adalah meluangkan waktu untuk membuat template untuk kutipan cepat, pengumuman, promosi, atau penjualan. Ini akan memudahkan Anda dan tim Anda untuk membuat konten dengan cepat. Plus itu juga akan memudahkan para penggemar media sosial Anda untuk cepat mengenali merek Anda dan keterlibatan lebih lanjut.

Yang paling penting untuk diambil dari tips desain grafis ini adalah perlu ada konsistensi sehingga pengikut Anda akan mengaitkan gaya / jenis tertentu dengan Anda. Gagasan untuk konsistensi adalah bahwa apa pun platform sosial yang digunakan audiens Anda, mereka akan segera dapat mengatakan bahwa sebuah grafik terkait dengan merek Anda.

8. Ketahui platform Anda

konten media sosial

Ulangi setelah saya, setiap platform berbeda .

Mengetahui lebih dulu apa yang paling sesuai dengan masing-masing platform tidak hanya akan membantu secara visual dengan audiens Anda tetapi akan membuat segalanya lebih mudah untuk Anda dalam jangka panjang. Di bawah ini saya telah mencantumkan 5 platform sosial dan menyertakan beberapa kiat untuk masing-masing.

Facebook
Ditujukan untuk generasi yang lebih tua
Sangat memanfaatkan artikel dan promosi
Ukuran: 852 x 315 foto sampul ; Gambar profil 180 x 180; 1.200 x 630 pos bersama reguler
Instagram
Diarahkan ke generasi millennial
Foto gaya hidup sangat bagus karena platform dibangun pada “makan siang dan selfies”
Ukuran: 1080 x 1080 pos; 1080 x 1920 cerita; 1080 x 1350 potret; Lanskap 1080 x 566; Gambar profil 110 x 110 piksel .
Kericau
Bagus untuk pertunangan
Cocok untuk selebriti
Ukuran: foto header 1500 x 500; 400 x 400 gambar profil; 900 x 512 pos
Pinterest
Bagus untuk inspirasi dan ide-ide baru
Cocok untuk orang yang mencari produk baru
Ukuran: 600 x 1260 pin; 165 x 165 gambar profil
LinkedIn
Bagus untuk bisnis.
Bagus untuk jaringan
1584 x 396 gambar spanduk, 400 x 400 foto profil perusahaan
Ketahuilah apa yang terbaik bagi masing-masing dan ketahuilah bahwa Anda harus mengubah ukuran setiap konten agar sesuai dengan dimensi setiap platform yang Anda rencanakan untuk berbagi desain grafis media sosial. Ini mungkin tampak membosankan, tetapi pemeriksaan ukuran cepat bisa membuat perbedaan.

9. Kreatif

desain grafis untuk media sosial

Apakah Anda percaya atau tidak, kreativitas hidup dalam semua orang. Menjadi kreatif saat membuat atau mengkurasi konten Anda tidak hanya akan membantu mengikat merek dan pemirsa Anda bersama-sama tetapi juga akan membuat perusahaan Anda menonjol dari yang lain.

Buat variasi saat memposting konten media sosial Anda. Ada sejumlah besar jenis grafis yang dapat Anda bagikan di media sosial. Berikut beberapa kiat desain grafis untuk mendapatkan inspirasi Anda bergulir:

Kutipan dalam menarik font & bentuk
Infografis / Grafik
Dibalik layar
Hari-hari bertema (Motivasi Senin, Kemunduran Kamis, dll.)
Reposts
Mesmerizing Photos
Perlu diingat bahwa laman media sosial yang menarik lebih mungkin dibagikan dan pada akhirnya akan meningkatkan keterlibatan. Jadi, latihlah kebebasan kreatif yang Anda miliki di dalam diri Anda, kemudian pastikan bahwa desain Anda konsisten dengan pencitraan merek Anda dan menampilkan produk dan komunitas Anda.

Ingat bahwa fitur yang paling visual dominan dalam desain Anda akan menjadi bagian terpenting dari pesan. Jadi terapkan kiat desain grafis ini dan tambahkan beberapa warna atau skala ke grafik untuk melihat bagaimana perubahan dan apa yang menarik perhatian Anda terlebih dahulu.

Ingin mendorong kemampuan kreatif dan keterampilan desain grafis Anda untuk mencapai grafis asli? Cobalah sesuatu yang baru, berpikir di luar kotak, bereksperimen dan pilih dan gabungkan berbagai font dan gambar dan lihat apa yang berhasil. Cobalah untuk menghindari tren terbaru dan buat desain yang sesuai dengan gaya Anda, tinggalkan tanda pribadi Anda pada pekerjaan Anda.

10. Keep it simple

desain grafis sederhana

Dengan semua tren, grafik, dan terus berjalan, itu selalu merupakan praktik terbaik saat ragu; untuk membuatnya tetap sederhana. Tip desain grafis media sosial yang paling disetujui adalah sederhana, tetap sederhana.

Ketika bekerja dengan kanvas kecil seperti ponsel, kepadatan terlalu cepat terjadi. Berikut ini beberapa kiat desain grafis cepat yang dapat Anda gunakan untuk memastikan konten Anda sederhana:

Manfaatkan grafik dan ilustrasi yang menarik
Batasi pilihan font ke 2 font
Tetap dengan 2-3 warna kontras (atau ‘gratis’)
Gunakan spasi putih untuk kontras dengan elemen tebal
Ini dapat dengan mudah tersesat dan terbawa dengan begitu banyak grafis dan font yang bagus untuk dipilih, tetapi dengan mengurangi kekacauan Anda lebih mungkin untuk menyampaikan pesan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *