10 Keuntungan SEO Untuk Bisnis Anda


1. SEO = Marketing Funnel

Kegiatan marketing anda berjalan seketika setelah para prospek mendengar mengenai brand anda, dan masuk ke tahap awal marketing funnel yaitu tahap awareness.
Hal ini akan terus berkembang saat brand anda semakin menarik, dan disukai sehingga mereka akan melakukan action nantinya.
SEO sendiri menjadi sebuah kesatuan dari setiap tahapan marketing funnel brand anda, dan langkah awal yang paling penting adalah mendapatkan perhatian dari audience anda.
Untuk mendapatkan perhatian dari audience, website anda perlu dengan mudah ditemukan, disini peran SEO bermain, untuk menempatkan brand anda di halaman pertama google
Teknik Inbound Marketing memiliki 3 tahapan funnel :

  1. Top of Funner (TOFU)
  2. Middle of Funnel (MOFU)
  3. Bottom of Funnel (BOFU)

Setiap tahapan membutuhkan set marketing taktik dan teknik yang berbeda, dimana salah satunya adalah SEO
Teknik SEO sendiri dimulai dari Top of Funnel anda karena disinilah audience anda berada, dan anda akan mampu menarik audience yang cukup banyak dengan SEO.
Lakukan riset keyword untuk Top of Funnel anda, lalu buatlah konten yang menarik dan relevan untuk audience anda.
Jangan lupa untuk mempertimbangkan desain yang User friendly sehingga audience anda nyaman dan menghabiskan waktu yang cukup lama di website anda untuk mencari tahu informasi lebih detail.
Mengapa diatas tadi disebutkan untuk membuat konten yang menarik dan relevan, karena pada tahap ini audience kemungkinan besar akan melihat artikel anda untuk menggali informasi.

Untuk tahapan Middle of Funnel, fokuskan kepada user experience dari website seperti loading speed yang cukup cepat, gambar dengan kualitas yang baik, karena setiap perbaikan pada hal diatas akan meningkatkan kenyamanan dari audience anda.

Lakukan engagement kepada audience anda dengan menggunakan CTA, survey atau men download sesuatu yang mungkin berharga dan relevan dengan mereka.
Setelah semua tahapan tersebut dan audience anda berada di Bottom of Funnel, tim sales anda akan dengan mudah melakukan pendekatan sehingga meningkatkan efektifitas sales.

2. SEO membawa Spotlight

Saat anda membahas tentang Search Engine Optimization, berarti membahas juga mengenai membuat sebuah website yang bagus di mata audience anda, yang untuk sebagian orang akan sangat sulit.
Sebetulnya tidaklah sulit sama sekali, apabila anda mengikuti pola yang sudah ditentukan, sehingga dengan SEO akan terbentuk website yang jauh lebih user friendly serta mendapatkan posisi yang baik di halaman google.
Selalu lakukan audit konten pada tahap ini, untuk mengerti status secara actual lalu memutuskan bagian mana yang ingin anda optimalkan.
Untuk melakukan audit konten, anda bisa mulai dengan mengumpulkan seluruh artikel anda, lalu tambahkan metric yang ingin dibandingkan, dan tinggal menyusun artikel tersebut untuk mengetahui manakah yang paling efektif.
Saat anda sudah masuk ke daftar halaman pertama google, anda akan mendapatkan visitor, yang berpotensi menjadi klien, namun saat anda berada di halaman pertama google, disitulah kerja keras yang sebenarnya untuk mempertahankan posisi.
Lakukan beberapa hal yang dapat membantu mempertahankan posisi seperti social sharing, promosi halaman anda, atau melakukan internal link ke halaman lain yang memiliki pengaruh besar.

3. SEO memudahkan Membangun Relasi

Kalau anda mampu menembus halaman pertama dari search engine, artinya anda telah mendapatkan kepercayaan dari google dan bing, yang seharusnya juga akan meningkatkan kepercayaan dari audience anda.
Salah satu teknik SEO yang paling efektif adalah konten marketing, menurut data website dengan konten blog memiliki 434% lebih banyak halaman yang terindex dibandingkan dengan website bisnis yang tidak mempublikasikan konten
Apabila website anda memiliki UX yang baik, para audience akan semakin suka dan anda memiliki kesempatan yang baik untuk membangun relasi. Kualitas konten dengan informasi yang memiliki nilai dimata audience sehingga bisa menjawab pertanyaan mereka juga menjadi salah satu faktor penting.
Pastikan anda selalu mengecek komen yang ada di blog anda, dan selalu filter komen komen yang spam sebelum mempublikasikan di kolom komen.
Tanda konten yang bagus adalah konten yang bisa mendatangkan user untuk membaca atau menggali informasi yang mereka butuhkan, sehingga anda mampu membangun hubungan dengan audience secara cepat.
digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

4. SEO membantu Traffic

Ya betul sekali, SEO bisa menjaring banyak traffic yang berkualitas, bahkan menurut beberapa sumber search engine menarik 300% traffic lebih banyak dibandingkan dengan social media. Apabila diaplikasikan dengan benar, SEO bisa membawa website anda ke halaman pertama google, dan pada momen tersebut anda akan mulai mendapatkan traffic
Apabila website brand anda ada pada radar sehingga audience anda mudah menemukannya, sudah barang tentu mereka akan mengunjungi website anda.
Jadi lebih baik anda pertimbangkan untuk melakukan optimasi pada website on page anda (dengan headline yang baik, URL, meta description, foto, dan alt description yang sesuai), sehingga meingkatkan probabilitas untuk menarik audience ke website anda.
Berikan differensiasi pada brand anda dari produk atau jasa yang lain, sehingga anda terlihat menonjol dibandingkan dengan yang lain

5. SEO = Efisiensi Biaya

SEO sendiri cenderung lebih kepada investasi jangka panjang, sedangkan untuk PPC lebih ke efek dalam jangka waktu dekat yang selama anda mampu membayar anda akan tampil pada halaman pertama google
Disini kami membuat benchmark dengan PPC karena dalam segi fungsi memiliki kesamaan namun untuk biaya jauh lebih efektif SEO.
Namun bukan berarti PPC tidak bagus, tergantung dari tujuan anda menggunakannya, PPC sendiri menurut tim kami sangat tepat untuk awal awal campaign untuk mengenalkan produk atau jasa anda atau mungkin anda baru saja launching produk atau servis baru? Nah PPC cocok juga untuk ini karena pada tahapan ini akan sedikit sulit untuk mendapatkan awareness menggunakan SEO
Beberapa ada juga menggunakan PPC untuk mempromosikan sebuah konten iklan atau produk untuk mendapatkan sales.
Namun apabila anda focus di SEO sudah tentu anda pun akan mendapatkan bonusnya yaitu awareness, expertise dan yang paling menyenangkan adalah hot leads traffic yang bisa anda konversi menjadi sales yang sudah tentu dengan biaya yang jauh lebih rendah
Menurut data google, SEO mampu meningkatkan 20x lipat traffic dibandingkan dengan PPC baik yang mobile atau desktop, itulah sebabnya akhir akhir ini semakin sulit untuk bisa menduduki halaman pertama
digital marketing agency jakarta, jasa digital marketing, digital agency jakarta, marketing agency

6. SEO Aktif 24 Jam 7 Hari seminggu

SEO bisa sangat efektif karena aktif selama 24 jam penuh dalam 7 hari seminggu, bayangkan bahwa anda memiliki sebuah bisnis yang selalu buka bahkan saat anda tidur, atau sedang bersantai SEO mampu untuk menghadirkan website anda tepat berada di pandangan calon klien anda, karena SEO tidak pernah beristirahat.
Sebuah hal yang paling unik dari melakukan optimasi pada website anda adalah tidak termakan waktu selalu beroperasi 24 jam karena setiap kali ada yang mencari produk atau jasa anda di google, website anda akan tampil pada urutan awal.
Setiap website di halaman google ibarat sebuah toko yang anda lewati dan masuk untuk mencari apakah toko tersebut memiliki apa yang anda cari. Semua toko yang ada di halaman pertama buka dan yang terdekat dengan anda, juga merupakan bisnis yang cukup well known, kalau website anda berada disana sudah pasti meningkatkan probabilitas mendapatkan lead yang berubah menjadi klien baru.
Namun toko konvensional memiliki waktu operasional untuk buka dan tutup, website anda terus buka sehingga bisa mendapatkan klien potensial kapan saja.

7. SEO Meningkatkan Penjualan

Sebelumnya kita telah membahas mengenai hot leads dan klien potensial, dengan menggunakan SEO website anda akan mudah berada dalam radar mereka serta mempengaruhi siklus pembelian.
Hal yang membedakan dari bentuk marketing yang lain adalah fakta bahwa penjualan akan meningkat tanpa perlu adanya penambahan biaya promosi. Anda bisa memulai SEO dan membuat konten tanpa perlu investasi dana, namun untuk mengembangkan bisnis anda sehingga mendapatkan revenue yang tinggi sudah pasti diperlukan investasi yang sesuai.

8. SEO Memperbaiki ROI

Dengan SEO anda bisa mendorong goals marketing anda untuk mendapatkan ROI yang lebih baik apabila dibandingkan dengan bentuk marketing lainnya. Website anda bisa dirubah menjadi magnet untuk klien yang potensial, berdasarkan dengan high quality keyword sehingga bisa berada tepat didepan calon klien potensial anda.
Apabila website anda berada di radar klien potensial anda, maka dipastikan bahwa anda dapat mengarahkan mereka masuk ke website dan menawarkan solusi dari masalah mereka.
Mungkin SEO bisa dianalogikan dengan pasar modal, anda bisa memilih saham (keyword) mana yang diinginkan berdasarkan pengetahuan yang anda miliki, lalu anda hanya perlu menunggu.
Website anda pasti akan mengalami masa masa pertumbuhan dan penurunan (fluktuasi posisi halaman), namun satu hal yang pasti adalah ini merupakan investasi jangka panjang karena sampai saat ini memang belum ada jalan tembus menuju kesuksesan

9. SEO Mempengaruhi Lead Generation

Kunci untuk meningkatkan leads yang datang ke bisnis anda adalah dengan mengoptimalkan website anda di search engine, menurut riset dari NewsCreed 57% dari Marketing B2B menyatakan bahwa SEO memiliki pengaruh terbesar pada Lead Generation.
Untuk menghasilkan revenue dan meluaskan pasar dari perusahaan anda, pertimbangkan untuk melalui tahap online dan mendominasi competitor anda dan cara terbaik adalah dengan mengoptimalkan website.
SEO memiliki kemampuan untuk mengalirkan leads, sudah tentu dengan sedikit bantuan anda untuk mengoptimalkan kualitas konten melalui :

  • Pemilihan Keyword yang memiliki volume pencarian tinggi
  • Pagespeed yang mumpuni
  • Konten yang berkualitas
  • Lakukan riset terhadap strategi SEO competitor anda.

SEO memainkan peranan yang sangat penting untuk menarik traffic secara organic dan menghasilkan leads berkualitas, oleh karena itu pesan yang anda sampaikan pada konten sangatlah penting. Tergantung pada konten yang mana mereka “mendarat” di website anda, itu akan memberikan gambaran yang cukup akurat kesiapan membeli dari calon konsumen anda.

10. Traffic SEO lebih “Siap”

Salah satu keuntungan menggunakan SEO untuk bisnis anda adalah SEO memiliki kekuatan untuk mengkonversi, karena traffic yang datang memiliki tingkat kesiapan untuk membeli yang sudah cukup tinggi.
Menurut riset dari Similarweb traffic yang datang menggunakan search engine 10x lebih mungkin untuk di konversi menjadi sales dibandingkan dengan yang datang dari social media (juga lebih banyak mendatangkan traffic).
eMarketer juga menemukan bahwa 76% agency diseluruh dunia menyatakan bahwa SEO memberikan ROI yang sangat baik, dengan hasil tersebut, menjadikan alasan yang sangat kuat bukan?
Hanya dengan mengoptimalkan website anda sehingga mendapat posisi paling baik di search engine, bisnis perusahaan anda akan berkembang pesat.

DevelopmentDigital Marketing

aplikasiaplikasiandroidaplikasiiosbogorDesaingrafisdigitalmarketingjabodetabekjasapembuatanaplikasijasapembuatanwebsitejasawebsitejasawebsitebogorwebsitewebsitebogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *